Soket kiprok revo absolute terbaru

Posted on

Ciri Kiprok Mati/Rusak

Kiprok Motor

Penjelasan Singkat

Kiprok atau yang biasa disebut sebagai regualtor/rectifier adalah bagian dari sistem pengisian pada sepeda motor. Fungsi utama dari kiprok adalah memastikan arus listrik yang dihasilkan oleh spul pengisian dapat dikondisikan atau dicacah, sehingga arus listrik tersebut memiliki nilai atau level yang sama.

Spesifikasi

Tergantung pada jenis dan model sepeda motor, kiprok dapat memiliki spesifikasi yang berbeda. Namun secara umum, spesifikasi yang biasa ditemukan pada kiprok motor antara lain:

  • Tegangan masukan: 20-100 V AC
  • Tegangan keluaran: 13,5-14,5 V DC
  • Kapasitas: 10-20 Ampere

Fungsi

Kiprok motor memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Menstabilkan arus listrik yang dihasilkan oleh spul pengisian
  • Menjaga keseimbangan tegangan pada sistem pengisian
  • Mencegah kerusakan pada sistem pengisian

Jenis

Berdasarkan cara kerjanya, kiprok motor dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kiprok dengan cara pengaman mekanik (Mechanical Regulator)
  • Kiprok dengan cara pengaman elektronik (Electronic Regulator)

Model

Setiap jenis sepeda motor memiliki model kiprok yang berbeda-beda. Namun secara umum, model kiprok dapat dibedakan menjadi:

  • Kiprok Rem Cakram
  • Kiprok Rem Tromol
  • Kiprok Shogun Sp
  • Kiprok Jupiter MX
  • Kiprok Honda Blade

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Kerusakan pada kiprok motor beragam, seperti:

  • Kiprok overheat
  • Kiprok rusak akibat tegangan yang berlebih
  • Kiprok rusak akibat banjir
  • Kiprok tidak menghasilkan arus listrik yang cukup
  • Kiprok rusak akibat panas berlebihan pada mesin

Cara Memperbaiki

Perbaikan pada kiprok motor harus dilakukan oleh teknisi yang ahli. Namun sebagai pengguna sepeda motor dapat melakukan beberapa tindakan preventif, antara lain:

  • Rutin melakukan perawatan, seperti cek kelistrikan secara berkala
  • Tidak melakukan modifikasi pada sistem pengisian
  • Tidak memasang tambahan aksesories yang menguras daya listrik pada sepeda motor

Kesimpulan

Kiprok motor merupakan bagian penting dari sistem pengisian pada sepeda motor. Kerusakan pada kiprok dapat mengakibatkan gangguan pada kelistrikan sepeda motor. Oleh karena itu, perawatan secara rutin dan penggunaan yang tepat dapat memperpanjang usia pakai kiprok motor dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

3 Gambar berkaitan Soket kiprok revo absolute terbaru

Berikut ini 3 photo terkait dengan Persamaan dan pungsi Kiprok,regulator motor Honda,yamaha,Suzuki dan atau Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt – Kum3n.Com, Ciri Kiprok Mati/Rusak | Seputar Sepeda Motor serta Ciri Kiprok Mati/Rusak | Seputar Sepeda Motor.

Persamaan Dan Pungsi Kiprok,regulator Motor Honda,yamaha,Suzuki Dan

Persamaan dan pungsi Kiprok,regulator motor Honda,yamaha,Suzuki dan

source: nusamotorjayaselalu.blogspot.com

kiprok soket pungsi standar sepeda cdi persamaan joule thief inverter sumber arus seputar tci

Menaikkan Voltase Kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 Volt – Kum3n.Com

Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt - Kum3n.Com

source: www.kum3n.com

kiprok kelistrikan voltase menaikkan soket jalur pemasangan sekarang tahap aki

Ciri Kiprok Mati/Rusak | Seputar Sepeda Motor

Ciri Kiprok Mati/Rusak | Seputar Sepeda Motor

source: freecharz.blogspot.co.id

kiprok ciri rusak spul mati seputar sepeda

Kiprok soket pungsi standar sepeda cdi persamaan joule thief inverter sumber arus seputar tci. Kiprok ciri rusak spul mati seputar sepeda. Persamaan dan pungsi kiprok,regulator motor honda,yamaha,suzuki dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *