Soket kiprok gl max terkini

Posted on

Honda Win merupakan motor sepeda yang banyak diminati di Indonesia. Motor yang diluncurkan pada tahun 1990-an ini memiliki kelebihan pada sistem kelistrikan yang masih menggunakan voltase 6 volt. Namun, hal ini membuat pengguna Honda Win kesulitan dalam mencari sparepart yang sesuai dengan kebutuhan karena kebanyakan toko hanya menyediakan sparepart kelistrikan dengan voltase 12 volt. Oleh karena itu, banyak pengguna Honda Win yang berusaha untuk menaikkan voltase kelistrikan menjadi 12 volt.

Menaikkan Voltase Kelistrikan Honda Win

Untuk menaikkan voltase kelistrikan Honda Win 6 volt menjadi 12 volt, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara pertama adalah dengan mengganti komponen elektronik utama seperti spul, cdi atau aki. Namun, cara ini bisa menjadi mahal dan cukup rumit jika tidak dilakukan oleh ahli.

Jalur Kiprok Honda Grand

Cara kedua adalah dengan memasang kiprok dan dc to dc converter. Kiprok berguna untuk mengatur listrik yang masuk dari spul agar tidak terlalu tinggi dan dc to dc converter berguna untuk merubah listrik DC 6 volt menjadi 12 volt yang diperlukan untuk menghidupkan lampu dan beberapa komponen elektronik lainnya.

Pengertian atau Penjelasan Kiprok dan DC to DC Converter

Kiprok adalah komponen elektronik yang berguna untuk mengatur listrik yang diterima dari spul agar tidak terlalu tinggi, sehingga komponen lain yang membutuhkan listrik dapat terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh listrik yang terlalu tinggi. Sementara itu, DC to DC converter adalah konverter yang berguna untuk merubah listrik DC 6 volt menjadi 12 volt yang dibutuhkan oleh beberapa komponen elektronik.

Spesifikasi Kiprok dan DC to DC Converter

Kiprok tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Namun, yang paling umum digunakan pada Honda Win adalah kiprok honda supra x 125. Spesifikasi kiprok honda supra x 125 adalah sebagai berikut:

  • Tegangan masukan: AC 220v
  • Tegangan keluaran: DC 12,6 volt
  • Kapasitas arus keluaran: 6 ampere

Sedangkan spesifikasi DC to DC converter adalah sebagai berikut:

  • Tegangan masukan: DC 6 volt
  • Tegangan keluaran: DC 12 volt
  • Kapasitas arus keluaran: 3 ampere

Fungsi Kiprok dan DC to DC Converter

Fungsi utama kiprok adalah untuk mengatur listrik yang diterima dari spul agar tidak terlalu tinggi. Fungsi ini sangat penting agar komponen kelistrikan lainnya tidak rusak karena terlalu banyak menerima listrik. Sementara itu, fungsi utama DC to DC converter adalah untuk merubah listrik DC 6 volt menjadi 12 volt yang dibutuhkan oleh beberapa komponen elektronik seperti lampu sein depan dan belakang.

Jenis-jenis Kiprok dan DC to DC Converter

Ada beberapa jenis kiprok yang beredar di pasaran. Namun, yang paling umum dipakai pada Honda Win adalah kiprok honda supra x 125. Sementara itu, DC to DC converter tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran.

Model Kiprok dan DC to DC Converter

Kiprok dan DC to DC converter tersedia dalam berbagai merk dan model. Namun, yang paling umum di pasaran adalah kiprok honda supra x 125 dan DC to DC converter dengan kapasitas 3 ampere.

Penggunaan Kiprok dan DC to DC Converter

Penggunaan kiprok dan DC to DC converter sangat mudah. Keduanya hanya perlu dipasang pada jalur kelistrikan yang tepat dan dihubungkan dengan kabel yang sesuai. Namun, bagi yang tidak terbiasa dengan kelistrikan motor, sebaiknya meminta bantuan teknisi agar pemasangan dapat dilakukan dengan benar.

Permasalahan dan Kerusakan yang Sering Terjadi

Permasalahan yang sering terjadi pada kelistrikan motor Honda Win adalah aki yang cepat habis atau sulit diisi ulang. Hal ini bisa disebabkan oleh rusaknya spul yang membuat pengisian aki tidak optimal. Selain itu, kerusakan pada kiprok atau DC to DC converter juga bisa terjadi jika terkena beban listrik yang terlalu berat. Kerusakan bisa terjadi pada penguat sinyal yang mengakibatkan kerusakan pada kelistrikan lainnya.

Kerusakan Kiprok dan DC to DC Converter

Kerusakan kiprok dan DC to DC converter dapat terjadi karena beberapa faktor. Faktor utama yang mempengaruhi kerusakan kiprok adalah beban listrik yang terlalu berat. Sementara itu, faktor utama yang mempengaruhi kerusakan DC to DC converter adalah tersumbatnya saluran udara yang membuat suhu menjadi panas dan sulit untuk diatur. Kerusakan pada keduanya bisa diatasi dengan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

Dalam mengganti kelistrikan Honda Win dari 6 volt menjadi 12 volt, perhatikan kualitas komponen yang digunakan agar tidak mengalami kerusakan pada kelistrikan lainnya. Selain itu, sebaiknya mengikuti panduan atau meminta bantuan teknisi agar pemasangan dapat dilakukan dengan benar.

3 Image terkait Soket kiprok gl max terkini

Berikut ini 3 image terkait dengan Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt – Kum3n.Com atau Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt – Kum3n.Com, Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda | Seputar Sepeda Motor serta Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda | Seputar Sepeda Motor.

Menaikkan Voltase Kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 Volt – Kum3n.Com

Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt - Kum3n.Com

source: www.kum3n.com

kiprok kelistrikan voltase menaikkan soket jalur sekarang pemasangan tahap aki

Warna Kabel Soket Kiprok Nmax : NMax Nation

Warna Kabel Soket Kiprok Nmax : NMax Nation

source: www.nmaxnation.com

Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, Dan Honda | Seputar Sepeda Motor

Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda | Seputar Sepeda Motor

source: freecharz.blogspot.com

kiprok soket standar kawasaki pungsi sepeda cdi persamaan joule thief inverter arus seputar dari tci

Kiprok soket standar kawasaki pungsi sepeda cdi persamaan joule thief inverter arus seputar dari tci. Warna kabel soket kiprok nmax : nmax nation. Kiprok kelistrikan voltase menaikkan soket jalur sekarang pemasangan tahap aki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *