Soket cdi tiger 2000 terkini terlengkap

Posted on

Pada artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan antara CDI Shogun dan Megapro. Sebagai pecinta motor, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah CDI atau Capacitor Discharge Ignition. Bagi mereka yang tidak mengenalnya, maka pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan lengkap mengenai CDI serta memberikan perbandingan antara CDI Shogun dan Megapro.

CDI atau Capacitor Discharge Ignition

CDI adalah sebuah komponen penting pada motor yang berfungsi untuk mengontrol mesin agar dapat berjalan dengan baik. Komponen ini bertanggungjawab dalam mengontrol energi listrik yang masuk ke mesin. Energi tersebut kemudian akan dipakai pada sistem pengapian motor.

Perbedaan antara CDI Shogun dan Megapro

Keduanya memiliki cara kerja yang hampir sama, namun terdapat perbedaan pada kapasitor, tegangan dan resistansi keduanya. CDI Shogun bekerja pada kapasitor 0.22 – 0.24uf, tegangan kerja 250 V, dengan maksimum resistansi 0.25 ohm. Sementara itu, CDI Megapro bekerja pada kapasitor 0.20uf, tegangan kerja 300 V, dengan maksimum resistansi 0.3 ohm.

Pengertian atau Penjelasan

Singkatnya, CDI adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai saklar elektronik. Pada saat mesin menyala, energi listrik yang diproduksi oleh alternator akan diteruskan ke CDI. Setelah itu, CDI akan mengubah energi listrik tersebut menjadi robot elektronik yang diperlukan oleh mesin. Akhirnya, bahan bakar akan mulai dibakar di dalam mesin dan menggerakkan roda.

Spesifikasi

CDI memiliki banyak spesifikasi yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa spesifikasi penting yang harus diketahui saat memilih CDI:

  • Kapasitor
  • Tegangan kerja
  • Resistansi
  • Jenis saklar

Fungsi

CDI berfungsi untuk mengontrol energi listrik yang masuk ke mesin agar dapat berjalan dengan baik. Energi tersebut kemudian akan dipakai pada sistem pengapian motor. Apabila CDI rusak, maka mesin tidak akan dapat bekerja dengan baik.

Jenis-jenis

Terdapat beberapa jenis CDI yang saat ini tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis CDI yang perlu diketahui:

  • CDI konvensional
  • CDI digital
  • CDI racing
  • CDI dual band

Model

Setiap motor memiliki model CDI yang berbeda-beda. Seperti halnya CDI Shogun dan Megapro yang memiliki perbedaan dalam kapasitor, tegangan dan resistansi.

Penggunaan

CDI secara umum dapat digunakan di semua jenis motor. Namun sebaiknya perlu diperhatikan spesifikasi dari masing-masing motor untuk pemilihan jenis dan model CDI yang tepat.

Permasalahan dan Kerusakan

CDI dapat mengalami permasalahan dan kerusakan yang berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Beberapa kerusakan dan solusinya antara lain:

Kerusakan 1: Mesin mati saat dihidupkan

Solusi: Cek kabel CDI dan pastikan kabelnya masih baik dan terhubung dengan baik. Kemudian cek stator pengapian atau pick up coil.

Kerusakan 2: Mesin tidak bisa digas

Solusi: Cek tegangan aki dan pastikan aki masih bagus serta pastikan CDI sudah baik. Kemudian cek bobot dan kabel busi.

Kerusakan 3: Mesin terasa tidak bertenaga

Solusi: Cek kapasitornya dan pastikan masih baik kemudian cek CDI atau bisa jadi busi sudah usang.

Kerusakan 4: Mesin bergejolak saat digas

Solusi: Pastikan kabel busi masih baik dan ketat, cek kapasitor dan pastikan masih baik, kemudian cek CDI apakah sudah baik.

Closing

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan CDI Shogun dan Megapro. Selamat mencoba dan pastikan CDI tetap dalam kondisi baik untuk memastikan mesin motor tetap berjalan dengan baik.

CDI Shogun dan Megapro

3 Image terkait Soket cdi tiger 2000 terkini terlengkap

Berikut dibawah ini 3 gambar terkait dengan perbedaan cdi shogun dan megapro – Pskji.org atau perbedaan cdi shogun dan megapro – Pskji.org, pin soket cdi serta pin soket cdi.

Perbedaan Cdi Shogun Dan Megapro – Pskji.org

perbedaan cdi shogun dan megapro - Pskji.org

source: pskji.org

Pin Soket Cdi

pin soket cdi

source: dedot-motor.blogspot.com

cdi soket scema

Soket CDI Megapro : 6 Kabel Dan Ulasannya – Sekolah Kami

Soket CDI Megapro : 6 Kabel Dan Ulasannya - Sekolah Kami

source: www.sekolahkami.com

megapro cdi soket otosigna fungsinya ulasannya

Megapro cdi soket otosigna fungsinya ulasannya. Cdi soket scema. Pin soket cdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *