soket cdi byson karbu

Posted on

Halo teman-teman! Kali ini kita akan membahas Skema Kelistrikan pada motor Mio Sporty. Sebelum kita mulai, mari kita lihat gambar di bawah ini:

Pin Soket CDI Jupiter MX 135 LC 135 Ihaisp

Skema Kelistrikan Mio Sporty

Penjelasan Singkat

Mio Sporty adalah salah satu motor produksi Yamaha yang cukup populer di Indonesia. Kelistrikan pada motor ini sangat penting karena merupakan salah satu bagian yang menentukan performa motor. Skema kelistrikan pada motor Mio Sporty sangat penting bagi pengguna motor ini karena akan membantu meningkatkan performa motor dan menghindari masalah yang sering terjadi pada kelistrikan motor seperti korsleting dan mati mendadak.

Spesifikasi

Kelistrikan pada motor Mio Sporty memiliki beberapa spesifikasi yang perlu diketahui oleh pengguna motor ini, yaitu:

  • Sistem Pengapian: DC-CDI
  • Baterai: 12V, 3Ah
  • Stator: 12V, 80W
  • Koil: Primary 0,72-0,86 ohm, Secondary 5,2k-7,8k ohm
  • Spark Plug: NGK CR6HSA

Fungsi

Kelistrikan pada motor Mio Sporty memiliki beberapa fungsi yang sangat penting, yaitu:

  • Menyalakan Mesin: Kelistrikan pada motor Mio Sporty berfungsi untuk menyalakan mesin motor.
  • Menyalakan Lampu: Kelistrikan pada motor Mio Sporty juga berfungsi untuk menyalakan lampu pada motor.
  • Menggerakkan Aki: Kelistrikan pada motor Mio Sporty berfungsi untuk menggerakkan aki pada motor.
  • Menyalakan Kontrol Elektronik: Kelistrikan pada motor Mio Sporty juga berfungsi untuk menyalakan kontrol elektronik pada motor seperti meter atau speedometer motor.

Jenis

Kelistrikan pada motor Mio Sporty terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sistem Pengisian: Sistem Pengisian pada kelistrikan Motor Mio Sporty terbagi menjadi sistem DC dan sistem ACG. Pada sistem DC pengisian baterai dilakukan pada saat mesin berjalan dan pada saat diisi ulang seperti pada saat maintenance, sedangkan pada sistem ACG pengisian dilakukan saat mesin berjalan.
  • Sistem Pengapian: Sistem Pengapian pada kelistrikan motor mio Sporty terbagi menjadi dua jenis, yaitu pengapian digital dan pengapian konvensional. Sistem pengapian digital menggunakan teknologi canggih yang membuat kelistrikan lebih stabil dan hemat energi, sedangkan pada pengapian konvensional menggunakan teknologi yang lebih sederhana dan yang lebih mudah digunakan.

Model

Kelistrikan pada motor Mio Sporty terdiri dari beberapa model, yaitu:

  • Sistem Pengapian: Sistem pengapian pada motor mio sporty memiliki beberapa model yaitu sistem pengapian manual dan sistem pengapian otomatis. Sistem pengapian otomatis lebih canggih dan lebih mudah digunakan daripada sistem pengapian manual.
  • Sistem Pengisian: Sistem pengisian pada motor Mio Sporty memiliki beberapa model yaitu sistem pengisian listrik yang menggunakan alternator, dan sistem pengisian mekanik yang menggunakan system kopling.

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Kelistrikan pada motor Mio Sporty sering mengalami kerusakan yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • CDI Rusak: CDI merupakan salah satu bagian penting pada kelistrikan motor mio sporty yang sering rusak. Kerusakan pada CDI menyebabkan lampu indikator pada panel meter menyala mati atau mesin motor sulit dihidupkan.
  • Aki Melemah atau Rusak: Aki pada motor Mio Sporty sering mengalami kerusakan karena penggunaan yang kurang tepat. Aki yang melemah atau rusak membuat mesin motor menjadi sulit dihidupkan dan tenaga mesin menjadi kurang optimal.
  • Busi Overheat: Busi pada motor Mio Sporty juga sering mengalami overheat yang disebabkan oleh penggunaan mesin yang berlebihan atau sistem pengapian yang kurang baik. Overheat pada busi menyebabkan bahan bakar tidak terbakar dan mesin tersendat – sendat pada saat dihidupkan.

Cara Memperbaiki

Untuk memperbaiki kelistrikan pada motor Mio Sporty, kita bisa melakukan beberapa cara, yaitu:

  • Mengganti CDI yang rusak dengan CDI yang baru
  • Mengganti aki yang rusak dengan yang baru dan melakukan perawatan secara teratur
  • Mengganti busi yang overheat dengan yang baru dan melakukan cek pada sistem pengapian dan bahan bakar motor

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai Skema Kelistrikan pada motor Mio Sporty. Kelistrikan pada motor Mio Sporty merupakan salah satu bagian yang penting karena menentukan performa motor. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna motor ini untuk memahami skema kelistrikan pada motor Mio Sporty dan mengetahui cara memperbaikinya ketika mengalami kerusakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang kelistrikan pada motor Mio Sporty.

3 Image terkait soket cdi byson karbu

Dibawah ini 3 gambar terkait dengan Skema Kelistrikan Mio Sporty – Skema Wiring Diagram atau KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012, Skema Kelistrikan Mio Sporty – Skema Wiring Diagram serta Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna.

Skema Kelistrikan Mio Sporty – Skema Wiring Diagram

Skema Kelistrikan Mio Sporty - Skema Wiring Diagram

source: www.skemawiringdiagram.my.id

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

cdi mio soket otosigna ulasannya

KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012

KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012

source: momonharyono.blogspot.co.id

soket sepeda

Konsul bengkel sepeda motor: februari 2012. Cdi mio soket otosigna ulasannya. Soket cdi mio (old, new, j) : 15 kabel dan ulasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *