Skema tv polytron terlengkap

Posted on

Kali ini kita akan membahas mengenai skema TV Polytron, sebuah perangkat elektronik yang sangat populer di Indonesia. Di bawah ini adalah beberapa contoh skema TV Polytron yang bisa menjadi referensi Anda.

Skema TV Polytron Jenis CRT

TV Polytron jenis CRT adalah salah satu tipe TV yang paling banyak digunakan di Indonesia. Skema TV Polytron jenis CRT ini memiliki beberapa komponen dasar, seperti tabung CRT, defleksi horizontal, defleksi vertikal, dan beberapa transistor. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai komponen-komponen tersebut.

Tabung CRT

Tabung CRT adalah bagian yang paling penting dari sebuah TV jenis CRT. Fungsinya adalah untuk menghasilkan gambar yang tampil di TV. Tabung CRT ini memiliki beberapa komponen, seperti kawat filamen, kisi elektrostatis, dan anoda. Saat listrik dialirkan melalui filamen, kisi elektrostatis, dan anoda, maka akan terjadi pembangkitan sinar elektron yang menghasilkan gambar pada layar TV.

Skema TV Polytron

Defleksi Horizontal

Defleksi horizontal adalah bagian yang berfungsi untuk mengontrol pergerakan sinar elektron di sepanjang layar TV secara horizontal. Komponen ini terdiri dari beberapa transistor dan beberapa resistor. Saat listrik dialirkan pada komponen ini, maka akan terjadi pergerakan sinar elektron secara horizontal pada layar TV.

Defleksi Vertikal

Defleksi vertikal adalah bagian yang berfungsi untuk mengontrol pergerakan sinar elektron di sepanjang layar TV secara vertikal. Komponen ini pun terdiri dari beberapa transistor dan beberapa resistor. Saat listrik dialirkan pada komponen ini, maka akan terjadi pergerakan sinar elektron secara vertikal pada layar TV.

Transistor

Transistor adalah salah satu bagian penting dalam skema TV Polytron jenis CRT. Fungsinya adalah sebagai pengatur arus listrik yang masuk ke dalam beberapa komponen seperti defleksi horizontal dan vertikal. Transistor ini dapat diatur dengan beberapa resistor agar dapat menghasilkan sinyal yang stabil.

Pengertian atau Penjelasan Skema TV Polytron

Skema TV Polytron adalah suatu rancangan atau diagram yang digunakan untuk memudahkan teknisi dalam memperbaiki atau memodifikasi TV Polytron. Skema ini biasanya berisi beberapa komponen dan jalur listrik yang ada pada TV Polytron dan bisa membantu teknisi untuk menemukan sumber kerusakan pada TV Polytron.

Spesifikasi Skema TV Polytron

Tidak seperti TV Polytron, skema TV Polytron tidak memiliki spesifikasi resmi yang dikeluarkan oleh pabrik. Sebuah skema TV Polytron hanya berisi komponen dan jalur listrik dalam diagram. Namun, sebuah skema TV Polytron biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti tabung CRT, defleksi horizontal, defleksi vertikal, dan transistor.

Fungsi Skema TV Polytron

Fungsi utama skema TV Polytron adalah sebagai alat bantu dalam memperbaiki atau memodifikasi TV Polytron. Dengan menggunakan skema ini, teknisi akan lebih mudah menemukan kerusakan pada TV Polytron dan lebih mudah memperbaikinya. Selain itu, skema TV Polytron juga bisa digunakan untuk membuat modifikasi pada TV Polytron atau membuat TV Polytron dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Jenis-Jenis Skema TV Polytron

Terdapat tiga jenis skema TV Polytron, yaitu skema TV Polytron jenis CRT, skema TV Polytron jenis LED, dan skema TV Polytron jenis LCD. Setiap jenis skema TV Polytron memiliki komponen dan fungsi yang berbeda-beda.

Skema TV Polytron Jenis LED

Skema TV Polytron jenis LED adalah salah satu tipe TV yang paling populer saat ini. Skema TV Polytron jenis LED memiliki beberapa komponen dasar, seperti LED backlight, driver LED, kontrol panel, dan beberapa transistor. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai komponen-komponen tersebut.

LED Backlight

LED backlight adalah bagian yang berfungsi untuk menghasilkan cahaya putih pada TV. Komponen ini terdiri dari beberapa LED yang ditempatkan di belakang layar TV. Saat listrik dialirkan ke LED backlight, maka akan terjadi pembangkitan cahaya pada layar TV.

Driver LED

Driver LED adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur arus listrik yang masuk ke setiap LED di LED backlight. Komponen ini terdiri dari beberapa transistor dan beberapa resistor. Saat listrik dialirkan ke driver LED, maka akan terjadi pengaturan arus listrik pada setiap LED di LED backlight.

Kontrol Panel

Kontrol panel adalah bagian yang berfungsi untuk mengontrol pengaturan gambar pada TV. Komponen ini terdiri dari beberapa transistor dan beberapa resistor. Saat listrik dialirkan ke kontrol panel, maka akan terjadi pengaturan gambar pada layar TV.

Skema TV Polytron Jenis LCD

Skema TV Polytron jenis LCD adalah salah satu tipe TV yang sering digunakan pada dunia kerja atau bisnis. Skema TV Polytron jenis LCD memiliki beberapa komponen dasar, seperti komponen panel LCD, komponen backlight, kontrol panel, dan beberapa transistor. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai komponen-komponen tersebut.

Komponen Panel LCD

Komponen panel LCD adalah bagian yang berfungsi untuk menghasilkan gambar pada layar TV. Komponen ini terdiri dari beberapa bagian, seperti dasar LCD, filter polarisasi, layer warna, dan backlight. Saat listrik dialirkan pada komponen ini, maka akan terbentuk gambar pada layar TV.

Komponen Backlight

Komponen backlight adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan cahaya pada layar TV. Komponen ini terdiri dari beberapa LED yang ditempatkan di belakang layar TV. Saat listrik dialirkan pada komponen ini, maka akan terjadi pembangkitan cahaya pada layar TV.

Kontrol Panel

Kontrol panel adalah bagian yang berfungsi untuk mengontrol pengaturan gambar pada TV. Komponen ini terdiri dari beberapa transistor dan beberapa resistor. Saat listrik dialirkan ke kontrol panel, maka akan terjadi pengaturan gambar pada layar TV.

Model Skema TV Polytron

Skema TV Polytron tersedia dalam berbagai model, seperti skema TV Polytron 14 inch, skema TV Polytron 21 inch, skema TV Polytron 29 inch, dan sebagainya. Setiap model skema TV Polytron memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa model skema TV Polytron yang populer di Indonesia antara lain:

  • Skema TV Polytron IC AN5522
  • Skema TV Polytron IC LA78040
  • Skema TV Polytron IC TDA8361

Penggunaan Skema TV Polytron

Skema TV Polytron digunakan oleh teknisi untuk memperbaiki atau memodifikasi TV Polytron yang mengalami kerusakan. Dengan menggunakan skema ini, teknisi dapat menemukan sumber kerusakan dengan lebih mudah dan dapat memperbaikinya dengan lebih cepat. Selain itu, skema TV Polytron juga bisa digunakan untuk membuat modifikasi pada TV Polytron untuk mencapai spesifikasi yang lebih tinggi.

Permasalahan pada Skema TV Polytron

Permasalahan pada skema TV Polytron biasanya terjadi pada komponen yang sudah tua atau rusak karena beberapa faktor seperti kualitas bahan atau penggunaan yang salah. Komponen seperti kapasitor atau transistor bisa cepat rusak karena terjadi penurunan kualitas bahan karena waktu, terkena suhu yang tinggi, atau penggunaan yang salah. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bagaimana teknisi melakukan pemeliharaan pada komponen-komponen tersebut agar TV Polytron tetap terjaga kualitasnya.

Kerusakan pada Skema TV Polytron

Kerusakan pada skema TV Polytron dapat terjadi pada beberapa bagian, seperti tabung CRT, defleksi horizontal, defleksi vertikal, dan transistor. Beberapa penyebab kerusakan pada TV Polytron antara lain:

  • Terkena petir
  • Terkena daya listrik yang tidak stabil
  • Jalur kabel yang rusak
  • Komponen yang sudah tua atau rusak
  • Penggunaan yang salah

Bila terjadi kerusakan pada TV Polytron, biasanya teknisi akan mencoba memperbaikinya dengan menggunakan skema TV Polytron dan mencari sumber kerusakan pada komponen-komponen yang terkena dampak. Jika komponen tersebut memang sudah tidak bisa diperbaiki, biasanya teknisi akan menggantinya dengan yang baru agar TV Polytron bisa berfungsi dengan normal kembali.

Demikianlah beberapa informasi mengenai skema TV Polytron. Sebagai pengguna TV Polytron, kita tentunya harus memperhatikan bagaimana kondisi dan pemeliharaan dari TV Polytron tersebut agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Selain itu, jika mengalami kerusakan pada TV Polytron, sebaiknya kita menghubungi teknisi yang ahli dalam bidangnya agar kerusakan tersebut dapat diperbaiki dengan baik.

3 Image terkait Skema tv polytron terlengkap

Berikut dibawah ini 3 gambar terkait dengan Skema Power Supply Tv Led Polytron 32 Inch Terupdate & Terbaru – Gambar atau Skema Power Supply Tv Led Polytron 32 Inch Terupdate & Terbaru – Gambar, ARWIS' BLOG: Skema Regulator TV POLYTRON serta Skema Power Supply Tv Led Polytron 32 Inch Terupdate & Terbaru – Gambar.

Skema Power Supply Tv Led Polytron 32 Inch Terupdate & Terbaru – Gambar

Skema Power Supply Tv Led Polytron 32 Inch Terupdate & Terbaru - Gambar

source: www.skema.my.id

Kumpulan Skema TV Polytron Terlengkap – Jendelatv.com

Kumpulan Skema TV Polytron Terlengkap - Jendelatv.com

source: www.jendelatv.com

ARWIS' BLOG: Skema Regulator TV POLYTRON

ARWIS' BLOG: Skema Regulator TV POLYTRON

source: awipunna.blogspot.com

skema polytron regulator arwis semoga bermanfaat

Skema polytron regulator arwis semoga bermanfaat. Arwis' blog: skema regulator tv polytron. Skema power supply tv led polytron 32 inch terupdate & terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *