Skema lampu indikator power ampli

Posted on

Pernah nggak kamu merasa bosan dengan lampu neon yang itu-itu saja? Padahal, lampu adalah benda yang bisa mempercantik rumah atau bahkan lingkungan sekitar kita. Nah, kali ini gue punya ide yang menarik buat kalian, yaitu skema rangkaian lampu LED berjalan 12 volt!

Skema rangkaian ini bisa dipasang di dalam atau bahkan di luar rumah. Dijamin, siapa saja yang lewat di depan rumahmu pasti akan terpukau dengan rangkaian lampu LED yang cantik ini.

Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya!

Pengertian atau Penjelasan

Lampu LED adalah jenis lampu yang menggunakan teknologi canggih, yaitu Light Emitting Diode (LED). Keunggulan dari lampu jenis ini adalah lebih hemat energi dan tahan lama dibandingkan lampu neon atau lampu pijar biasa.

Skema rangkaian lampu LED berjalan sendiri juga menggunakan teknologi LED. Hasilnya, lampu bisa berjalan dengan sendirinya dan memberikan kesan yang cantik saat dilihat dari jarak jauh.

Spesifikasi

Skema rangkaian lampu LED berjalan ini menggunakan komponen utama yaitu IC LM358. IC LM358 ini bekerja dengan arus DC dari 10 sampai 28 volt. Untuk lampu LED-nya, bisa memakai yang berukuran 5mm atau 10mm.

Fungsi

Fungsi dari skema rangkaian lampu LED berjalan ini adalah untuk memberikan hiasan yang cantik dan indah pada rumah atau lingkungan sekitar kita. Lampu LED berjalan ini cocok dipasang pada saat penduduk sekitar merayakan hari besar, seperti Natal, atau Hari Kemerdekaan.

Jenis-Jenis

Ada beberapa jenis rangkaian skema lampu LED berjalan. Berikut penjelasannya:

1. Skema rangkaian lampu LED berjalan 10 lampu

Skema ini membutuhkan 10 lampu LED. Lampu-lampu tersebut dihubungkan secara serial dan ditambahkan dengan resistor 2,2 KOhm.

2. Skema rangkaian lampu LED berjalan 12 lampu

Skema ini membutuhkan 12 lampu LED. Lampu-lampu tersebut dihubungkan secara serial dan ditambahkan dengan resistor 2,2 KOhm.

3. Skema rangkaian lampu LED berjalan rambu lalu lintas

Skema ini membutuhkan 4 LED warna merah, 4 LED warna kuning, dan 4 LED warna hijau. LED-LED tersebut dihubungkan secara paralel dan ditambahkan dengan resistor 180 Ohm.

Model

Skema rangkaian lampu LED berjalan ini mempunyai beberapa model atau bentuk. Berikut ini adalah beberapa model atau bentuk yang populer:

1. Model garis melintang

Model ini membuat lampu LED berjalan di garis melintang. Lampu-lampu tersebut berganti-ganti warna, misalnya merah, biru, hijau, kuning dan sebagainya.

2. Model garis lengkung

Model ini membuat lampu LED berjalan di garis lengkung. Lampu-lampu tersebut berganti-ganti warna secara perlahan. Biasanya lampu LED menggunakan dua warna, yaitu merah dan hijau.

3. Model bendera

Model ini membuat lampu LED bergerak seperti bendera. Lampu LED berganti-ganti warna dengan warna merah putih dan biru putih.

Penggunaan

Skema rangkaian lampu LED berjalan ini cocok digunakan sebagai hiasan di dalam maupun di luar rumah. Misalnya pada saat merayakan hari besar, seperti Natal atau Hari Kemerdekaan.

Cara pemasangannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menempatkan lampu LED pada posisi yang kamu inginkan dan menghubungkannya dengan kabel sesuai dengan skema rangkaian yang kamu buat sebelumnya.

Permasalahan dan Kerusakan

Meskipun skema rangkaian lampu LED berjalan ini tergolong cukup sederhana, tetapi masih ada beberapa permasalahan yang bisa terjadi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Lemah atau tidak berfungsi

Bila lampu LED kamu tidak berfungsi ataupun kurang terang, coba ganti lampunya dengan yang baru dan pastikan polaritasnya benar.

2. Putus-putus atau tidak stabil

Bila lampu LED terus-terusan putus-putus atau tidak stabil, periksa kembali koneksi kabel atau resistor yang kamu gunakan.

3. LED cepat panas atau mati

Bila LED cepat panas atau mati, periksa kembali tegangan atau arus yang kamu gunakan. Pastikan arus dan tegangan yang kamu gunakan sesuai dengan spesifikasi komponen yang kamu gunakan.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang skema rangkaian lampu LED berjalan 12 volt. Yuk, coba pasang dan biarkan rumah atau lingkunganmu menjadi lebih indah dan menarik!

3 Image mengenai Skema lampu indikator power ampli

Berikut dibawah ini 3 image terkait dengan Ide 40+ Skema Rangkaian Lampu Led Berjalan 12 Volt, Skema Elektronika atau Sketma LED indikator Clipping,Signal dan Power supply pada power, Ide 40+ Skema Rangkaian Lampu Led Berjalan 12 Volt, Skema Elektronika serta Ide 40+ Skema Rangkaian Lampu Led Berjalan 12 Volt, Skema Elektronika.

Ide 40+ Skema Rangkaian Lampu Led Berjalan 12 Volt, Skema Elektronika

Ide 40+ Skema Rangkaian Lampu Led Berjalan 12 Volt, Skema Elektronika

source: skemaamplifier.blogspot.com

skema rangkaian lampu berjalan lm358 menggunakan volt elektronika electronica populer jammer dimmer circuits komunikasi

Sketma LED Indikator Clipping,Signal Dan Power Supply Pada Power

Sketma LED indikator Clipping,Signal dan Power supply pada power

source: generasimumet.blogspot.com

indikator clipping pemasangan

Skema Indikator Lampu Led Ac – LAMPUTASOR

Skema Indikator Lampu Led Ac - LAMPUTASOR

source: lamputasor.blogspot.com

lampu indikator skema 220v

Lampu indikator skema 220v. Skema rangkaian lampu berjalan lm358 menggunakan volt elektronika electronica populer jammer dimmer circuits komunikasi. Sketma led indikator clipping,signal dan power supply pada power

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *