Skema kiprok tossa terkini

Posted on

Gambar Kelistrikan Motor Tiger – Pelekmodif

Gambar Kelistrikan Motor Tiger

Kelistrikan merupakan salah satu faktor penting dalam kendaraan bermotor, termasuk pada motor. Bagi Anda yang punya motor Tiger dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang kelistrikan pada motor tersebut, maka artikel ini akan membahas pengertian, spesifikasi, fungsi, jenis-jenis, model, penggunaan, permasalahan, dan kerusakan pada kelistrikan motor Tiger.

Pengertian atau Penjelasan

Kelistrikan motor Tiger adalah sistem pengaturan aliran listrik pada kendaraan motor tersebut. Sistem ini terdiri dari berbagai komponen seperti alternator, aki, kiprok, CDI, kabel-kabel, dan lain-lain. Sistem kelistrikan pada motor Tiger sama pentingnya dengan sistem-sistem lainnya pada kendaraan tersebut. Kelistrikan yang rusak bisa membuat motor Tiger tidak dapat berfungsi secara normal atau bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, perawatan kelistrikan pada motor Tiger haruslah dilakukan secara rutin dan teratur.

Spesifikasi

Spesifikasi dari kelistrikan motor Tiger meliputi komponen-komponen yang terdapat pada sistem tersebut. Berikut adalah komponen-komponen yang terdapat pada kelistrikan motor Tiger:

  • Alternator: Berfungsi untuk menghasilkan listrik yang dibutuhkan oleh sistem kelistrikan pada motor Tiger
  • Aki: Berfungsi untuk menampung listrik dari alternator dan memberikan daya saat mesin sedang dimatikan
  • Kiprok: Berfungsi mengatur aliran listrik yang dihasilkan oleh alternator sehingga tidak merusak aki
  • CDI: Berfungsi mengatur pengapian pada mesin motor Tiger
  • Kabel-kabel: Berfungsi menghubungkan antara komponen satu dengan yang lainnya

Fungsi

Fungsi dari kelistrikan motor Tiger adalah untuk menyalakan motor dan menjaga agar berfungsi dengan normal. Sistem kelistrikan yang bagus akan memberikan daya yang dibutuhkan oleh mesin, termasuk dalam hal pengapian dan penerangan. Selain itu, sistem kelistrikan yang baik juga dapat mencegah terjadinya masalah pada aki, menghindari kerusakan pada komponen lainnya, serta dapat menghemat bahan bakar karena pengapian yang tepat.

Jenis-jenis

Terdapat beberapa jenis kelistrikan pada motor Tiger, di antaranya adalah:

  • Kelistrikan Standar: Jenis kelistrikan ini merupakan kelistrikan standar sesuai dengan spesifikasi pabrik. Kelistrikan standar biasanya digunakan pada motor Tiger yang masih orisinil.
  • Kelistrikan Modifikasi: Jenis kelistrikan ini merupakan kelistrikan yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Kelistrikan modifikasi biasanya digunakan pada motor Tiger yang dimodifikasi agar dapat tampil lebih menarik atau memiliki daya jelajah yang lebih luas.

Model

Berdasarkan modelnya, kelistrikan motor Tiger dibagi menjadi kelistrikan DC dan AC. Kelistrikan DC memerlukan aki sebagai penyimpan energi, sedangkan kelistrikan AC biasanya digunakan pada motor yang memiliki kapasitas mesin besar.

Penggunaan

Kelistrikan motor Tiger digunakan pada seluruh bagian kendaraan, termasuk sistem pengapian, penerangan, kelistrikan pada spedometer dan lain-lain. Sistem kelistrikan ini akan memberikan daya agar mesin dapat berjalan secara optimal.

Permasalahan

Permasalahan yang sering terjadi pada kelistrikan motor Tiger adalah aki soak atau aki yang cepat soak dan kiprok yang rusak. Aki yang soak bisa terjadi karena pemakaian kurang optimal atau karena aki yang sudah tua. Oleh karena itu, aki harus dilakukan perawatan secara rutin. Sedangkan kiprok yang rusak dapat terjadi karena adanya arus yang berlebihan atau terjadi hubungan pendek pada sistem kelistrikan. Jika kiprok rusak, maka aliran listrik dari alternator tidak akan bisa terkontrol dan bisa merusak aki.

Kerusakan

Kerusakan pada kelistrikan motor Tiger bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kiprok yang rusak, kabel-kabel dalam kondisi tidak baik, atau karena adanya aktuator yang mati. Kerusakan pada kelistrikan ini dapat menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan dengan normal atau bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, perawatan dan pengecekan secara rutin pada kelistrikan motor Tiger sangatlah penting.

3 Gambar terkait Skema kiprok tossa terkini

Dibawah ini 3 gambar terkait dengan SOLUSI BATTERY: Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Honda Tiger dan Megapro atau Populer Skema Motor Ac, Skema Mesin, Gambar Kelistrikan Motor Tiger – Pelekmodif serta Gambar Kelistrikan Motor Tiger – Pelekmodif.

SOLUSI BATTERY: Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Honda Tiger Dan Megapro

SOLUSI BATTERY: Koleksi Skema Kiprok Aplikasi Honda Tiger dan Megapro

source: mitrabaterai.blogspot.com

kiprok skema megapro solusi crowbar

Gambar Kelistrikan Motor Tiger – Pelekmodif

Gambar Kelistrikan Motor Tiger - Pelekmodif

source: pelekmodif.blogspot.com

skema kelistrikan kiprok megapro jalur pengapian cdi pelekmodif pasang fullwave klx penjelasan diagram

Populer Skema Motor Ac, Skema Mesin

Populer Skema Motor Ac, Skema Mesin

source: komponenmesinn.blogspot.com

kiprok skema terang solusi populer mitrabaterai keterangan

Kiprok skema terang solusi populer mitrabaterai keterangan. Kiprok skema megapro solusi crowbar. Solusi battery: koleksi skema kiprok aplikasi honda tiger dan megapro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *