Skema kelistrikan sepeda motor terbaru

Posted on

Mungkin kamu salah satu pengguna sepeda motor Honda Beat atau sedang berencana untuk membelinya. Kamu pasti penasaran dengan skema kelistrikannya, karena hal ini berkaitan dengan kinerja sepeda motor itu sendiri.

Penjelasan Singkat

Sebelum masuk ke pembahasan skema kelistrikan sepeda motor Honda Beat, ada baiknya kamu tahu dulu apa itu kelistrikan dan fungsinya pada sepeda motor.

Kelistrikan adalah sistem yang mengatur aliran listrik pada kendaraan. Aliran listrik tersebut digunakan untuk menggerakkan berbagai macam komponen, seperti lampu, klakson, dan starter.

Pada sepeda motor Honda Beat, kelistrikan sangat penting karena memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kinerja mesin. Jika terdapat masalah pada kelistrikan, maka kemungkinan besar mesin akan mogok atau tidak bisa dihidupkan.

Spesifikasi

Sebelum melihat skema kelistrikan Honda Beat, kamu juga perlu tahu spesifikasi atau fitur yang dimiliki oleh sepeda motor ini. Berikut adalah spesifikasi lengkap Honda Beat:

  • Mesin: 4 tak SOHC, pendinginan udara
  • Kapasitas Mesin: 109.17 cc
  • Sistem Pengapian: DC-CDI
  • Sistem Bahan Bakar: PGM-FI (Programmatic Fuel Injection)
  • Transmisi: Otomatis, CVT
  • Sistem Kelistrikan: AC 12V 156W (3-phase)
  • Suspensi Depan: Teleskopik
  • Suspensi Belakang: Lengan ayun dengan sistem suspensi ganda
  • Rem Depan/Belakang: Cakram/Tromol
  • Ukuran Ban Depan/Belakang: 80/90-14M/C 40P / 90/90-14M/C 46P
  • Panjang x Lebar x Tinggi: 1.884 x 670 x 1.068 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1.275 mm
  • Jarak Terendah ke Tanah: 146 mm
  • Berat Kosong: 93 kg
  • Kapasitas Tangki: 4 liter

Fungsi

Sebagai sistem yang mengatur aliran listrik pada sepeda motor, kelistrikan berperan penting dalam menghidupkan berbagai macam komponen. Beberapa komponen yang dihidupkan oleh sistem kelistrikan antara lain:

  • Lampu depan / belakang
  • Lampu rem
  • Lampu sein
  • Klakson
  • Starter
  • Meter panel

Tidak hanya itu, sistem kelistrikan juga berperan penting dalam mendukung pengisian aki. Aki yang baik dan terisi penuh akan membantu mesin bekerja dengan optimal dan mencegah terjadinya mogok yang disebabkan oleh aki yang lemah atau kosong.

Jenis

Perlu kamu tahu bahwa sistem kelistrikan sepeda motor memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah sistem kelistrikan DC dan AC. Pada sistem kelistrikan DC, sistem pengisian aki dan pengaturan beban lampu dilakukan oleh satu komponen yaitu regulator. Sedangkan pada sistem kelistrikan AC, regulator hanya berperan sebagai pengatur beban lampu, sedangkan pengisian aki dilakukan oleh komponen dioda atau rectifier.

Model

Terdapat berbagai macam model sistem kelistrikan sepeda motor yang berbeda-beda tergantung pada jenis dan merk kendaraan. Namun, pada umumnya, sistem kelistrikan terdiri dari beberapa komponen utama seperti:

  • Aki
  • Dinamo / alternator
  • Regulator
  • Dioda / rectifier
  • Kiprok
  • Saklar aki
  • Kabel-kabel penghubung

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Sebagai pengguna sepeda motor, pastinya kamu tidak ingin terkena masalah pada sistem kelistrikan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada berbagai masalah yang sering terjadi pada sistem kelistrikan sepeda motor, di antaranya:

  • Aki yang kosong
  • Kiprok rusak
  • Regulator rusak
  • Saklar aki mati
  • Kabel putus atau kendor

Jika kamu mengalami masalah seperti di atas, sebaiknya segera perbaiki agar tidak berdampak pada kinerja mesin. Untuk masalah yang cukup rumit, sebaiknya bawa ke bengkel terdekat agar diperbaiki secara profesional.

Cara Memperbaiki

Setelah mengetahui kerusakan yang biasa terjadi, sekarang waktunya untuk mencari tahu cara memperbaikinya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki sistem kelistrikan pada sepeda motor:

  1. Cek dulu kondisi aki, pastikan aki dalam keadaan terisi penuh dan tidak ada kabel yang kendor. Kalau aki dalam kondisi rusak atau kosong, sebaiknya ganti dengan aki baru.
  2. Cek kiprok dan regulator, pastikan dalam keadaan baik dan tidak ada kabel yang kendor. Kalau keduanya rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  3. Cek saklar aki, pastikan dalam keadaan baik dan tidak ada kabel yang kendor. Kalau saklar aki mati, segera ganti dengan yang baru.
  4. Cek kabel-kabel penghubung. Jika kabel putus atau kendor, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai skema kelistrikan sepeda motor Honda Beat. Kelistrikan memang salah satu komponen yang sangat penting pada setiap kendaraan, termasuk sepeda motor. Untuk menjaga kinerja mesin dan memperpanjang umur sepeda motor, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin dan mengganti komponen yang sudah rusak dengan yang baru. Jangan ragu untuk mengunjungi bengkel terdekat jika kamu mengalami masalah pada sistem kelistrikan.

Sumber:

http://2.bp.blogspot.com/–p094ryKRKg/UzLULdQAOzI/AAAAAAAAB0o/VZ9e0EM0MsE/s1600/lampu+2.jpg

3 Photo terkait Skema kelistrikan sepeda motor terbaru

Dibawah ini 3 photo berkaitan dengan Skema kelistrikan sepeda motor honda beat atau Diagram Wiring Diagram Kelistrikan – JAN22 kristinaabramva, Skema kelistrikan sepeda motor honda beat serta Diagram Wiring Diagram Kelistrikan – JAN22 kristinaabramva.

Skema Kelistrikan Sepeda Motor Honda Beat

Skema kelistrikan sepeda motor honda beat

source: automotorpad.com

Sistem Pengapian Sepeda Motor Honda Beat | Gambar Modifikasi Terbaru

Sistem Pengapian Sepeda Motor Honda Beat | Gambar Modifikasi Terbaru

source: mbmnmbm.blogspot.com

kelistrikan skema cdi sepeda beat fullwave pengapian lampu sein listrik revo cable checkup dinal cek astrea seputar umum gambaran

Diagram Wiring Diagram Kelistrikan – JAN22 Kristinaabramva

Diagram Wiring Diagram Kelistrikan - JAN22 kristinaabramva

source: kristinaabramva.blogspot.com

Sistem pengapian sepeda motor honda beat. Diagram wiring diagram kelistrikan. Skema kelistrikan sepeda motor honda beat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *