Skema kabel kiprok nmax terbaru

Posted on

Jika Anda seorang penggemar motor N Max, Anda mungkin pernah mendengar tentang istilah kiprok. Kegunaan kiprok pada motor N Max sangat penting, karena berfungsi mengatur aliran listrik pada motor agar stabil dan tidak merusak komponen di dalamnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas skema kabel kiprok N Max serta penjelasan singkat tentang fungsi, jenis, spesifikasi, model, kerusakan yang biasa terjadi, serta cara memperbaikinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Skema Kabel Kiprok N Max

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kiprok N Max, mari kita kenali dulu bagaimana skema kabel kiprok N Max. Seperti yang kita tahu, kiprok terhubung dengan beberapa kabel pada motor N Max. Adapun skema kabel kiprok N Max dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Skema Kabel Kiprok N Max

Penjelasan Singkat

Kiprok adalah singkatan dari “Kontrol Regulator Proteksi”. Fungsi kiprok adalah mengatur tegangan output charging system ke aki untuk memastikan tegangan aki stabil dan tidak merusak komponen kelistrikan. Pada motor N Max, kiprok terletak di dalam housing busi.

Spesifikasi

Spesifikasi kiprok N Max adalah sebagai berikut:

  • Model: FH012AA
  • Produsen: Shindengen
  • Input: AC 3-Phase
  • Output: DC 12 Volt
  • Kapasitas Arus Maksimum: 50 Ampere

Fungsi

Fungsi kiprok N Max adalah mengatur dan menjaga tegangan listrik pada motor N Max agar tetap stabil. Kiprok mengubah tegangan AC (Alternating Current) yang dihasilkan oleh sistem pengisian listrik motor menjadi DC (Direct Current), yang kemudian mengalir menuju aki sebagai sumber tenaga listrik motor. Dengan demikian, kiprok berperan penting agar aki tetap terisi dengan baik dan memastikan motor N Max bisa dioperasikan dengan baik.

Jenis

Berdasarkan teknologi yang digunakan, kiprok N Max dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kiprok Konvensional: Kiprok jenis ini menggunakan pengaturan tegangan secara mekanik, yang berarti jika terjadi pengisian yang berlebih pada aki, maka kiprok akan membuang kelebihannya melalui resistansi. Kiprok konvensional biasanya terbuat dari baja dan alumunium untuk bagian pendingin.
  • Kiprok Regulator Elektronik (RR): Kiprok jenis ini menggunakan teknologi Sensor Hall dan pengaturan tegangan secara elektronik. Kelebihan kiprok jenis ini adalah lebih akurat, efisien, dan responsif dalam mengendalikan tegangan output. Material yang digunakan pada kiprok jenis ini adalah plastik dengan bahan pendingin aluminium.

Model

Ada beberapa model kiprok N Max yang tersedia di pasaran, antara lain:

  • FH020AA
  • FH012AA
  • FH008EB
  • FH012CA
  • FH008EE
  • FH020AB

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Kerusakan pada kiprok N Max bisa terjadi karena beberapa penyebab, antara lain:

  • Overheat: Kiprok yang terlalu panas bisa mengakibatkan kerusakan pada chip penguat, termistor dan kapasitor yang terdapat pada kiprok.
  • Tegangan Output Terlalu Tinggi: Tegangan output yang terlalu tinggi bisa menyebabkan putusnya kabel dan kerusakan pada aki motor.
  • Tegangan Output Terlalu Rendah: Tegangan output yang terlalu rendah bisa menyebabkan aki motor tidak terisi secara maksimal.
  • Arus Terlalu Besar: Arus yang terlalu besar bisa mengakibatkan kerusakan pada kiprok dan komponen lainnya.

Cara Memperbaiki

Cara memperbaiki kiprok N Max yang rusak tergantung pada jenis kerusakan dan tingkat kesulitan yang dialami. Jika Anda tidak ahli dalam reparasi motor, sebaiknya bawa motor N Max ke bengkel yang terpercaya. Namun, jika Anda memilih untuk memperbaikinya sendiri, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Cek Kondisi dan Konektivitas Kabel: Pastikan kabel-kabel kiprok terhubung dengan baik atau cek apakah ada kerusakan pada kabel.
  • Cek Tegangan: Cek tegangan yang dihasilkan oleh kiprok N Max dengan menggunakan multimeter.
  • Cek Komponen Penting: Periksa kapasitor, chip penguat, dioda, dan resistor pada kiprok. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai skema kabel kiprok N Max, penjelasan singkat, spesifikasi, fungsi, jenis, model, kerusakan yang biasa terjadi, serta cara memperbaikinya. Anda perlu memahami betul hal-hal mengenai kiprok jika ingin motor N Max Anda selalu berjalan dengan baik dan terhindar dari masalah kelistrikan yang berpotensi membahayakan keselamatan pengendaranya. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan tindakan yang tepat saat terjadi masalah pada kiprok N Max. Semoga bermanfaat!

4 Gambar mengenai Skema kabel kiprok nmax terbaru

Dibawah ini 4 gambar mengenai dengan Skema Soket Kiprok N Max : NMax Nation atau Skema Kabel Kiprok N Max : NMax Nation, Skema Soket Kiprok N Max : NMax Nation serta Jalur Kabel Body Shogun 125 / Jalur Kelistrikan Suzuki Shogun 110 Dari.

Skema Soket Kiprok N Max : NMax Nation

Skema Soket Kiprok N Max : NMax Nation

source: www.nmaxnation.com

Jalur Kabel Body Shogun 125 / Jalur Kelistrikan Suzuki Shogun 110 Dari

Jalur Kabel Body Shogun 125 / Jalur Kelistrikan Suzuki Shogun 110 Dari

source: idpelajaranforest.blogspot.com

skema kelistrikan kabel yamaha pengapian kiprok shogun nmax fullwave cdi spul vixion vixus tiger jalur megapro pulser merubah vario regulator

Skema Kabel Kiprok N Max : NMax Nation

Skema Kabel Kiprok N Max : NMax Nation

source: www.nmaxnation.com

[Download 33+] Wiring Diagram Kelistrikan Yamaha Nmax

[Download 33+] Wiring Diagram Kelistrikan Yamaha Nmax

source: gift744.blogspot.com

kiprok nmax wiring diaplikasikan skema bisakah aki ihaisp

Skema kabel kiprok n max : nmax nation. Skema soket kiprok n max : nmax nation. Jalur kabel body shogun 125 / jalur kelistrikan suzuki shogun 110 dari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *