Skema isi kiprok lengkap

Posted on

Haloo semua, kali ini saya akan membahas rangkaian regulator rectifier atau kiprok yang digunakan pada sepeda motor. Rangkaian ini sangat penting dan seringkali menjadi perhatian bagi pemilik sepeda motor karena kerusakan kiprok bisa menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan motor.

Rangkaian Regulator Rectifier atau Kiprok

Rangkaian Regulator Rectifier atau Kiprok

Penjelasan singkat mengenai rangkaian regulator rectifier adalah sebuah rangkaian elektronik yang berfungsi untuk mengatur arus listrik yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan. Regulator rectifier atau kiprok biasa digunakan pada sepeda motor untuk memperbaiki arus yang tidak stabil dan menjaga tegangan listrik tetap konstan. Kiprok akan mengkonversi arus AC menjadi arus DC, sehingga konektor kiprok sangat penting bagi kelistrikan sepeda motor. Perhatikanlah konektor nya, apabila rusak segera ganti supaya bisa terjamin kelistrikan sepeda motor kita.”

Spesifikasi

Regulator rectifier atau kiprok mempunyai beberapa spesifikasi sebagai berikut:

  • Tegangan masukan : 12 Volt AC
  • Tegangan keluaran : 12 Volt DC
  • Arus keluaran : 10-15 Ampere

Fungsi

Fungsi utama dari regulator rectifier atau kiprok adalah untuk mengatur tegangan listrik dan memperbaiki arus yang tidak stabil sebelum disalurkan ke baterai dan sistem kelistrikan lain pada sepeda motor. Fungsi dari kiprok ini sangatlah penting karena kelistrikan yang stabil dapat membantu kendaraan kita berjalan lancar dan dapat mempertahankan masa pakai aki atau baterai yang lebih panjang.

Jenis

Berdasarkan jenisnya, regulator rectifier atau kiprok terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Regulator rectifier AC only
  • Regulator rectifier AC/DC

Kedua jenis ini mempunyai fungsi yang sama namun cara kerja yang berbeda. Regulator rectifier AC only berfungsi memperbaiki arus AC dari kumparan stator mesin motor menjadi DC, sedangkan regulator rectifier AC/DC berfungsi sebagai pengatur tegangan listrik yang keluar dari baterai dan stator mesin motor.

Model

Regulator rectifier atau kiprok memiliki beragam model. Beberapa model kiprok yang sering dijumpai pada sepeda motor adalah :

  • Kiprok lama non-mosfet (dalam amplop seperti trafo)
  • Kiprok lama mosfet (dalam amplop seperti trafo)
  • Kiprok new mosfet yang lebih kecil dengan desain modular

Ketiga model kiprok di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kiprok new mosfet yang ukurannya lebih kecil mempunyai efisiensi yang lebih tinggi dan lebih tahan lama dibandingkan kiprok lama.

Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Regulator Rectifier atau Kiprok

Meskipun memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelistrikan sepeda motor, regulator rectifier atau kiprok juga rentan mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada kiprok, antara lain :

  • Mati total
  • Arus keluaran tidak stabil
  • Arus keluaran terlalu tinggi
  • Arus keluaran terlalu rendah

Kerusakan kiprok bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pemakaian yang terlalu lama, kualitas material yang kurang baik, konsleting, air hujan yang masuk ke dalam box kiprok, dan sebagainya.

Cara Memperbaiki

Apabila kiprok mengalami kerusakan, jangan langsung membawanya ke montir, kamu bisa melakukan perbaikan sendiri dengan beberapa langkah sederhana berikut :

1. Cek koneksi kabel

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memeriksa koneksi atau sambungan kabel pada kiprok. Pastikan kabel tersambung dengan baik dan tidak terdapat oksidasi atau karat pada kabel maupun konektor.

2. Cek kondisi stator dan rotor

Stator dan rotor yang rusak bisa menyebabkan kerusakan kiprok. Cek kondisi stator dan rotor dengan cara memeriksa rangkaiannya, pastikan tidak ada yang putus atau terbakar.

3. Cek tegangan output

Langkah selanjutnya adalah memeriksa tegangan output dari kiprok. Pastikan tegangan yang ada sesuai dengan standar yang diperlukan. Jika terdapat masalah pada tegangan output, kemungkinan besar kiprok mengalami kerusakan.

4. Ganti kiprok yang rusak

Apabila sudah melakukan langkah-langkah di atas namun kiprok tetap rusak, langkah terakhir adalah mengganti kiprok yang rusak dengan yang baru. Pilihlah kiprok yang berkualitas dan sesuai dengan tipe sepeda motor kamu.

Kesimpulan

Jadi, demikianlah penjelasan mengenai rangkaian regulator rectifier atau kiprok yang digunakan pada sepeda motor. Kiprok memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kelistrikan sepeda motor tetap stabil dan berjalan lancar. Untuk menghindari kerusakan pada kiprok, pastikan melakukan perawatan secara rutin dan memilih kiprok yang berkualitas dan sesuai dengan tipe sepeda motor kamu. Semoga bermanfaat!

3 Photo terkait Skema isi kiprok lengkap

Berikut dibawah ini 3 image mengenai dengan Skema jalur kiprok Honda Yamaha Suzuki – YouTube atau Skema Kiprok Vixion – Easy Study, Skema jalur kiprok Honda Yamaha Suzuki – YouTube serta Skema jalur kiprok Honda Yamaha Suzuki – YouTube.

Skema Jalur Kiprok Honda Yamaha Suzuki – YouTube

Skema jalur kiprok Honda Yamaha Suzuki - YouTube

source: www.youtube.com

kiprok jalur skema

Blog'e Paijjo: Rangkaian Regulator Rectifier Atau Kiprok Untuk Sepeda Motor

blog'e Paijjo: Rangkaian Regulator Rectifier atau Kiprok untuk Sepeda Motor

source: herydwikusuma.blogspot.com

kiprok rangkaian skema lampu regulator terang rectifier sepeda listrik arus lm2576 accu kelistrikan paralel spul komponen saya onix mencapai 15v

Skema Kiprok Vixion – Easy Study

Skema Kiprok Vixion - Easy Study

source: easystudyschool.blogspot.com

Blog'e paijjo: rangkaian regulator rectifier atau kiprok untuk sepeda motor. Skema jalur kiprok honda yamaha suzuki. Kiprok jalur skema

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *