jalur soket kiprok byson

Posted on

Soket Kiprok Supra

Soket Kiprok Supra : 4 Jalur Kabel Dan Ulasannya

Soket kiprok Supra merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan motor, terutama untuk sistem pengisian atau charging. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail mengenai soket kiprok Supra, mulai dari penjelasan singkat, spesifikasi, fungsi, jenis, model, hingga kerusakan yang biasa terjadi dan cara memperbaikinya.

Penjelasan Singkat

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai soket kiprok Supra, alangkah baiknya jika kita mengerti terlebih dahulu apa itu kiprok. Kiprok merupakan singkatan dari “konsenstrator produksi”, atau dalam bahasa inggris disebut sebagai alternator. Fungsi dari kiprok sendiri adalah untuk mengubah energi kinetik (gerakan) menjadi energi listrik yang kemudian disimpan pada aki.

Soket kiprok Supra sendiri merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antara kiprok dengan kabel pengaman dan kabel pengisian pada motor Honda Supra. Dengan kata lain, soket kiprok Supra bertugas untuk menghubungkan kiprok dengan komponen lainnya pada sistem pengisian atau charging.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi dari soket kiprok Supra, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Jumlah jalur kabel: 4 jalur kabel
  • Materi: plastik
  • Ukuran: 10 x 5 x 2 cm
  • Sudut: 90 derajat

Spesifikasi di atas membuat soket kiprok Supra lebih mudah untuk dipasang dan memungkinkan untuk menggunakan kabel dengan ukuran yang lebih besar.

Fungsi

Soket kiprok Supra memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara kiprok dengan kabel pengaman dan kabel pengisian pada motor Honda Supra. Tanpa soket kiprok Supra, kiprok tidak akan bisa bekerja dengan baik dan motor akan kekurangan daya listrik yang dibutuhkan.

Jenis dan Model

Soket kiprok Supra tersedia dalam beberapa jenis dan model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Beberapa jenis soket kiprok Supra yang umum digunakan antara lain:

  • Soket kiprok Supra ori: soket kiprok asli dari pabrik Honda
  • Soket kiprok Supra racing: soket kiprok yang dirancang untuk meningkatkan performa motor pada kecepatan tinggi
  • Soket kiprok Supra aftermarket: soket kiprok buatan pihak ketiga yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan soket kiprok asli

Pada setiap jenis soket kiprok Supra, terdapat beberapa model yang berbeda-beda. Setiap model memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sehingga perlu dipilih dengan seksama sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Meski soket kiprok Supra adalah komponen penting pada motor, terdapat beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada soket kiprok Supra. Beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada soket kiprok Supra antara lain:

  • Soket kiprok aus atau kotor: soket kiprok yang telah aus atau kotor dapat mengganggu kinerja kiprok dan mengakibatkan kekurangan daya listrik pada motor.
  • Soket kiprok rusak: soket kiprok yang telah rusak tidak bisa lagi digunakan dan harus segera diganti.
  • Soket kiprok pecah: soket kiprok yang mengalami pecah dapat menimbulkan masalah pada sistem pengisian atau charging motor.

Cara Memperbaiki

Untuk memperbaiki soket kiprok Supra yang rusak atau aus, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Membongkar soket kiprok dan membersihkan jalur kabel yang terhubung dengan kiprok
  • Mengganti soket kiprok yang rusak atau aus dengan soket kiprok yang baru
  • Memasang tembaga pada kabel pengisian untuk memperbaiki daya yang tidak mencukupi

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kerusakan pada soket kiprok Supra dapat diperbaiki dengan mudah dan perlu dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

Kesimpulan

Soket kiprok Supra merupakan komponen penting pada sistem pengisian atau charging pada motor Honda Supra. Dalam artikel ini, kita telah membahas secara detail mengenai soket kiprok Supra, mulai dari penjelasan singkat, spesifikasi, fungsi, jenis, model, hingga kerusakan yang biasa terjadi dan cara memperbaikinya. Dengan memahami berbagai hal mengenai soket kiprok Supra, diharapkan pengendara mampu memilih dan menggunakan soket kiprok Supra yang tepat untuk kendaraannya, serta dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi dengan lebih mudah.

3 Gambar berkaitan jalur soket kiprok byson

Dibawah ini 3 gambar berkaitan dengan Soket Kiprok Supra : 4 Jalur Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna atau Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt – Kum3n.Com, Soket Kiprok Supra : 4 Jalur Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna serta Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda | Seputar Sepeda Motor.

Soket Kiprok Supra : 4 Jalur Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna

Soket Kiprok Supra : 4 Jalur Kabel Dan Ulasannya - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

kiprok jalur supra soket otosigna ulasannya fungsinya

Menaikkan Voltase Kelistrikan Honda Win 6 Volt Menjadi 12 Volt – Kum3n.Com

Menaikkan Voltase kelistrikan Honda win 6 volt menjadi 12 volt - Kum3n.Com

source: www.kum3n.com

kiprok kelistrikan voltase menaikkan soket jalur pemasangan sekarang tahap aki

Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, Dan Honda | Seputar Sepeda Motor

Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda | Seputar Sepeda Motor

source: freecharz.blogspot.com

kiprok soket standar kawasaki pungsi sepeda cdi persamaan joule thief inverter arus seputar dari tci

Kiprok soket standar kawasaki pungsi sepeda cdi persamaan joule thief inverter arus seputar dari tci. Menaikkan voltase kelistrikan honda win 6 volt menjadi 12 volt. Kiprok jalur supra soket otosigna ulasannya fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *