Jalur soket cdi vega zr

Posted on

Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel

Tuker CDI MIO

Penjelasan Singkat

Sepeda motor Yamaha MIO adalah salah satu sepeda motor yang populer di Indonesia. Salah satu masalah yang sering terjadi pada sepeda motor ini adalah kerusakan pada CDI atau Capacitor Discharge Ignition. Penggantian CDI yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah lebih lanjut pada sepeda motor dan juga berpotensi membahayakan pengendara. Oleh karena itu, saat melakukan penggantian CDI pada sepeda motor Yamaha MIO, perlu hati-hati dan teliti.

Spesifikasi

CDI atau Capacitor Discharge Ignition adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi mengatur arus listrik yang diterima oleh busi. CDI memiliki spesifikasi yang sesuai dengan tipe dan model sepeda motor. Pada Yamaha MIO, CDI yang digunakan adalah tipe DC-CDI atau DC Capacitor Discharge Ignition dengan tegangan output 20.000 Volt. CDI ini mampu menghasilkan busi yang lebih kuat dan memperbaiki kinerja mesin.

Fungsi

Fungsi utama dari CDI pada sepeda motor adalah mengatur arus listrik yang diterima oleh busi. Ketika trigger atau pemicu pada CDI terpicu, maka arus listrik akan menuju sekering atau penyimpan listrik, kemudian dilepaskan ke coil atau pengganda arus. Di sinilah busi akan menerima arus listrik yang kuat dan memicu pengapian mesin. Dengan busi yang kuat, mesin akan bekerja lebih baik dan performa menjadi lebih optimal.

Jenis

Secara umum, CDI pada sepeda motor dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu AC-CDI dan DC-CDI. Pada Yamaha MIO, tipe CDI yang digunakan adalah DC-CDI. Selain itu, ada juga CDI racing atau CDI yang digunakan untuk modifikasi sepeda motor. CDI racing biasanya menggunakan teknologi yang lebih canggih dan memiliki penyesuaian yang lebih presisi untuk memperbaiki performa secara drastis.

Model

Penggantian CDI pada sepeda motor Yamaha MIO dapat dilakukan sesuai dengan model yang digunakan. Ada beberapa model CDI yang digunakan pada sepeda motor ini, seperti CDI lama 4-tak, CDI baru 4-tak, dan CDI 2-tak. Model CDI yang digunakan pada sepeda motor akan mempengaruhi kinerja mesin dan performa kendaraan. Oleh karena itu, perlu menyesuaikan model CDI dengan sepeda motor yang digunakan.

Kerusakan yang biasa terjadi

Kerusakan pada CDI dapat terjadi akibat beberapa faktor, seperti overheat, kerusakan pada kabel atau soket, dan arus listrik yang tidak stabil. Gejala kerusakan pada CDI antara lain mesin susah dihidupkan, mesin mati secara tiba-tiba, dan kinerja mesin tidak optimal. Jika terjadi kerusakan pada CDI, maka perlu segera diganti dengan CDI yang baru sebelum menyebabkan masalah yang lebih serius.

Cara memperbaiki

Proses penggantian CDI pada sepeda motor Yamaha MIO cukup mudah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Lepaskan kabel aki dari terminal negatif.
  2. Lepaskan cover atau bodi sepeda motor untuk mengakses CDI yang ada di dalam.
  3. Lepaskan kabel-kabel dari CDI yang akan diganti.
  4. Buka baut CDI dan lepaskan CDI dari soketnya.
  5. Pasang CDI yang baru dan kencangkan baut dengan rapat.
  6. Sambungkan kembali kabel-kabel pada tempatnya dan pasang cover atau bodi sepeda motor.

Setelah melakukan penggantian CDI, pastikan untuk melakukan pengecekan dan pengaturan sesuai dengan spesifikasi yang tersedia pada sepeda motor.

Kesimpulan

CDI atau Capacitor Discharge Ignition adalah komponen penting pada sepeda motor Yamaha MIO. Penggantian CDI yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah pada sepeda motor dan berpotensi membahayakan pengendara. Oleh karena itu, perlu hati-hati dan teliti saat melakukan penggantian CDI pada sepeda motor Yamaha MIO. Dengan melakukan penggantian CDI yang tepat, performa sepeda motor akan menjadi lebih optimal dan berkualitas.

3 Photo terkait Jalur soket cdi vega zr

Dibawah ini 3 image terkait dengan Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna atau Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel, Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna serta Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel.

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

cdi mio soket otosigna ulasannya

Cara Pasang Kunci Kontak Motor 2 Kabel – Meteor

Cara Pasang Kunci Kontak Motor 2 Kabel – Meteor

source: bertigamas.github.io

Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO Hati-hati Beda Kabel

Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel

source: freecharz.blogspot.com

cdi soket zr jalur tukar saling nama skema colok ganti pastikan posisi kasus walau sebabnya terbakar tebal akibatnya keluar sudah

Seputar sepeda motor: tuker cdi mio hati-hati beda kabel. Cdi mio soket otosigna ulasannya. Cdi soket zr jalur tukar saling nama skema colok ganti pastikan posisi kasus walau sebabnya terbakar tebal akibatnya keluar sudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *