Jalur soket cdi mio 28d

Posted on

Gambar CDI

Penjelasan Singkat

CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah salah satu sistem pengapian pada sepeda motor yang berfungsi untuk menghasilkan busi menyala pada waktu yang tepat. CDI pada umumnya terdiri dari 5 bagian yaitu kapasitor, buka tutup api, kumparan pengisian, pengatur waktu dan transistor. Sistem pengapian yang menggunakan CDI dianggap lebih efektif dibanding sistem pengapian konvensional karena mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah.

Spesifikasi

Berikut adalah spesifikasi dari CDI pada sepeda motor:

  • Tegangan pengapian: 70-200 volt
  • Kapasitansi kapasitor: 0.1-1 µF
  • Tegangan baterai: 12 volt
  • Tegangan pengisian: 100-400 volt

Fungsi

Fungsi utama dari CDI adalah untuk menghasilkan busi menyala pada waktu yang tepat sehingga proses pembakaran bahan bakar pada mesin lebih maksimal. Selain itu, CDI juga berfungsi untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional. Hal ini membuat mesin lebih responsif dan hemat bahan bakar.

Jenis

Ada dua jenis CDI pada sepeda motor yaitu CDI konvensional dan CDI programable. CDI konvesional memiliki pengatur waktu yang tidak bisa diatur oleh pengguna, sedangkan CDI programable dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. Biasanya CDI programable digunakan pada motor balap yang membutuhkan pengaturan waktu yang presisi.

Model

Berikut adalah beberapa model CDI yang biasa digunakan pada sepeda motor:

  1. CDI AC (Alternating Current) – digunakan pada sepeda motor yang sistem pengapiannya menggunakan arus bolak-balik
  2. CDI DC (Direct Current) – digunakan pada sepeda motor yang sistem pengapiannya menggunakan arus searah
  3. CDI Digital – menggunakan teknologi digital untuk menghasilkan busi menyala pada waktu yang tepat
  4. CDI Analog – menggunakan teknologi analog untuk menghasilkan busi menyala pada waktu yang tepat

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada CDI sepeda motor antara lain:

  • CDI rusak atau mati total – biasanya terjadi karena masalah pada kumparan pengisian atau transistor
  • Pengatur waktu CDI tidak tepat – dapat disebabkan oleh masalah pada buka tutup api atau kapasitor
  • CDI mengeluarkan percikan api yang lemah – biasanya terjadi karena masalah pada kapasitor atau kumparan pengisian

Cara Memperbaiki

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki CDI pada sepeda motor:

  • Jika CDI rusak atau mati total, sebaiknya diganti dengan yang baru karena sulit untuk diperbaiki
  • Jika pengatur waktu CDI tidak tepat, maka perlu dilakukan penggantian buka tutup api atau kapasitor
  • Jika CDI mengeluarkan percikan api yang lemah, maka perlu dilakukan penggantian kapasitor atau kumparan pengisian

Kesimpulan

CDI merupakan salah satu sistem pengapian yang penting pada sepeda motor karena berfungsi untuk menghasilkan busi menyala pada waktu yang tepat sehingga proses pembakaran bahan bakar pada mesin lebih maksimal. CDI pada umumnya terdiri dari 5 bagian yaitu kapasitor, buka tutup api, kumparan pengisian, pengatur waktu dan transistor. Ada dua jenis CDI pada sepeda motor yaitu CDI konvensional dan CDI programable. Beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada CDI sepeda motor antara lain CDI rusak atau mati total, pengatur waktu CDI tidak tepat, atau CDI mengeluarkan percikan api yang lemah.

3 Gambar terkait Jalur soket cdi mio 28d

Berikut dibawah ini 3 gambar terkait dengan Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna atau Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna, Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel serta Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel.

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

cdi soket kabel otosigna ulasannya

KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012

KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012

source: momonharyono.blogspot.co.id

soket sepeda

Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO Hati-hati Beda Kabel

Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel

source: freecharz.blogspot.com

cdi soket zr jalur tukar saling nama skema colok ganti pastikan posisi kasus walau sebabnya terbakar tebal akibatnya keluar sudah

Seputar sepeda motor: tuker cdi mio hati-hati beda kabel. Cdi soket kabel otosigna ulasannya. Soket sepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *