jalur soket cdi cs1

Posted on

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar dari kita para pemotor suka merawat dan memperbaiki sepeda motornya sendiri, dan salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari adalah soket CDI. Kenapa sih soket CDI itu penting? Nah, kali ini kita akan bahas secara tuntas tentang soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya.

CDI Apaan Sih?

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang soket CDI, kita harus tahu dulu apa itu CDI. CDI or Capacitive Discharge Ignition adalah salah satu sistem pengapian pada sepeda motor yang menggunakan tegangan tinggi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin. CDI sangat penting dalam menjaga kinerja mesin sepeda motor tetap stabil dan dapat diandalkan.

Soket CDI Old

Soket CDI old digunakan pada Mio lawas, soket ini terdiri dari 7 kabel. Berikut adalah penjelasan singkat tentang setiap kabel pada soket CDI old:

  • Kabel 1 : Kabel merah yang terhubung dengan kumparan primer. Kumparan primer dipasang pada stator AC generator untuk membangkitkan medan magnet permanen di dalam rotor. Kumparan primary akan menciptakan tegangan yang cukup tinggi untuk mendorong kumparan sekunder.
  • Kabel 2 : Kabel hijau yang terhubung dengan grounding. Grounding berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke bumi dalam kondisi tertentu ketika kelistrikan motor tidak stabil.
  • Kabel 3 : Kabel kuning yang terhubung dengan saklar pengaman. Saklar pengaman atau safety switch adalah saklar yang dipasang pada motor untuk mencegah mesin menyala tanpa pengemudi di atasnya. Saklar ini akan menghubungkan kelistrikan pada motor saat mendeteksi kunci kontak diputar ke kedudukan ACC atau ON.
  • Kabel 4 : Kabel hitam yang terhubung dengan massa atau cassis. Massa adalah jalur yang berfungsi sebagai penghubung arus listrik dan logam dari motor yang terhubung dengan tanah. Massa digunakan sebagai jalur balik dari arus listrik guna menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada akibat loncatan arus.
  • Kabel 5 : Kabel biru yang terhubung dengan magneto. Magneto adalah alat pembangkit listrik yang menghasilkan listrik DC dari gerakan memutar dari permukaan yang terpasang pada suatu peralatan. Magneto adalah sistem pengisi aki yang lebih hemat dibanding sistem buka tutup klep.
  • Kabel 6 : Kabel putih yang terhubung dengan CDI. CDI adalah sistem pengapian pada sepeda motor yang menggunakan tegangan tinggi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin.
  • Kabel 7 : Kabel coklat yang terhubung dengan stator. Stator adalah generator AC yang menghasilkan tegangan AC dari medan magnet yang dihasilkan oleh kumparat primer.

Soket CDI New

The new Mio comes with a new soket CDI, which consists of 10 cables. Here’s the short explanation of each cable:

  • Kabel 1 : Kabel merah yang terhubung dengan kumparan primer. Kumparan primer dipasang pada stator AC generator untuk membangkitkan medan magnet permanen di dalam rotor. Kumparan primary akan menciptakan tegangan yang cukup tinggi untuk mendorong kumparan sekunder.
  • Kabel 2 : Kabel hijau yang terhubung dengan grounding. Grounding berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke bumi dalam kondisi tertentu ketika kelistrikan motor tidak stabil.
  • Kabel 3 : Kabel coklat yang terhubung dengan stator. Stator adalah generator AC yang menghasilkan tegangan AC dari medan magnet yang dihasilkan oleh kumparat primer.
  • Kabel 4 : Kabel putih yang terhubung dengan CDI. CDI adalah sistem pengapian pada sepeda motor yang menggunakan tegangan tinggi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin.
  • Kabel 5 : Kabel Hitam yang terhubung dengan massa atau cassis. Massa adalah jalur yang berfungsi sebagai penghubung arus listrik dan logam dari motor yang terhubung dengan tanah. Massa digunakan sebagai jalur balik dari arus listrik guna menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada akibat loncatan arus.
  • Kabel 6 : Kabel kuning yang terhubung dengan saklar pengaman. Saklar pengaman atau safety switch adalah saklar yang dipasang pada motor untuk mencegah mesin menyala tanpa pengemudi di atasnya. Saklar ini akan menghubungkan kelistrikan pada motor saat mendeteksi kunci kontak diputar ke kedudukan ACC atau ON.
  • Kabel 7 : Kabel biru yang terhubung dengan magneto. Magneto adalah alat pembangkit listrik yang menghasilkan listrik DC dari gerakan memutar dari permukaan yang terpasang pada suatu peralatan. Magneto adalah sistem pengisi aki yang lebih hemat dibanding sistem buka tutup klep.
  • Kabel 8 : Kabel merah kuning yang terhubung dengan sensor posisi. Sensor posisi berfungsi untuk mengatur waktu injeksi bahan bakar dan waktu pengapian pada mesin saat putaran RPM tinggi maupun rendah.
  • Kabel 9 : Kabel biru putih yang terhubung dengan sensor speedometer. Sensor speedometer digunakan untuk mengukur kecepatan sepeda motor dan memberikan informasi ke instrumen speedometer.
  • Kabel 10 : Kabel orange yang terhubung kelistrikan lainnya. Kabel ini merupakan jalur lain dari kelistrikan pada motor terutama pada fitur yang berhubungan dengan kelistrikan.

Soket CDI J

Soket CDI J digunakan pada Mio J, soket ini terdiri dari 8 kabel. Berikut adalah penjelasan singkat tentang setiap kabel pada soket CDI J:

  • Kabel 1 : Kabel coklat yang terhubung dengan negative aki. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke aki dari kelistrikan motor.
  • Kabel 2 : Kabel putih yang terhubung dengan CDI. CDI adalah sistem pengapian pada sepeda motor yang menggunakan tegangan tinggi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin.
  • Kabel 3 : Kabel hijau yang terhubung dengan grounding. Grounding berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke bumi dalam kondisi tertentu ketika kelistrikan motor tidak stabil.
  • Kabel 4 : Kabel merah kuning yang terhubung dengan sensor posisi. Sensor posisi berfungsi untuk mengatur waktu injeksi bahan bakar dan waktu pengapian pada mesin saat putaran RPM tinggi maupun rendah.
  • Kabel 5 : Kabel kuning yang terhubung dengan saklar pengaman. Saklar pengaman atau safety switch adalah saklar yang dipasang pada motor untuk mencegah mesin menyala tanpa pengemudi di atasnya. Saklar ini akan menghubungkan kelistrikan pada motor saat mendeteksi kunci kontak diputar ke kedudukan ACC atau ON.
  • Kabel 6 : Kabel hitam yang terhubung dengan massa atau cassis. Massa adalah jalur yang berfungsi sebagai penghubung arus listrik dan logam dari motor yang terhubung dengan tanah. Massa digunakan sebagai jalur balik dari arus listrik guna menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada akibat loncatan arus.
  • Kabel 7 : Kabel merah yang terhubung dengan kumparan primer. Kumparan primer dipasang pada stator AC generator untuk membangkitkan medan magnet permanen di dalam rotor. Kumparan primary akan menciptakan tegangan yang cukup tinggi untuk mendorong kumparan sekunder.
  • Kabel 8 : Kabel biru putih yang terhubung dengan sensor speedometer. Sensor speedometer digunakan untuk mengukur kecepatan sepeda motor dan memberikan informasi ke instrumen speedometer.

Penjelasan Singkat

Soket CDI sangat penting dalam menjaga kinerja mesin sepeda motor, dan setiap soket memiliki kabel yang berbeda-beda dengan kegunaannya masing-masing.

Spesifikasi

Spesifikasi soket CDI Mio (Old, New, J) :

  • CDI Old : 7 kabel, warna kabel merah, hijau, kuning, hitam, biru, putih dan coklat.
  • CDI New : 10 kabel, warna kabel merah, hijau, coklat, putih, hitam, kuning, merah kuning, biru, biru putih dan orange.
  • CDI J : 8 kabel, warna kabel coklat, putih,hijau, merah kuning, kuning, hitam, merah dan biru putih.

Fungsi

Fungsi soket CDI adalah sebagai penghubung antara sistem kelistrikan motor dengan sistem pengapian dan menjaga kinerja mesin sepeda motor tetap stabil dan dapat diandalkan.

Jenis

Soket CDI terdiri dari 3 jenis, yaitu soket CDI old, soket CDI new, dan soket CDI J, yang masing-masing memiliki kabel-kabel yang berbeda dan bentuk soket yang sesuai dengan tipe motor.

Model

Setiap motor memiliki soket CDI yang berbeda-beda, tergantung pada tipe dan modelnya. Soket CDI Mio (Old, New, J) memiliki kabel-kabel yang berbeda dan bentuk soket yang sesuai dengan tipe dan model motor tersebut.

Kerusakan Yang Biasa Terjadi

Kerusakan soket CDI yang paling umum adalah adanya kabel yang aus atau putus, sehingga kelistrikan pada motor tidak stabil, atau bahkan mesin tidak dapat dihidupkan. Selain itu, kerusakan pada soket CDI juga dapat terjadi karena terkena air atau cairan lain, sehingga kabel menjadi korosi dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cara Memperbaiki

Jika terjadi kerusakan pada soket CDI, maka cara memperbaikinya adalah dengan cara mengganti kabel yang aus atau putus dengan kabel yang baru, atau jika terkena air atau cairan lain, maka segera bersihkan dan bungkus dengan isolasi kabel agar tidak terjadi lagi kerusakan pada soket CDI. Jangan lupa untuk memeriksa kelistrikan motor secara rutin agar terhindar dari kerusakan pada soket CDI dan kelistrikan motor lainnya.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa soket CDI sangat penting dalam menjaga kinerja mesin sepeda motor. Setiap soket memiliki kabel yang berbeda-beda dengan kegunaannya masing-masing, dan terdapat 3 jenis soket CDI, yaitu soket CDI old, soket CDI new, dan soket CDI J, yang masing-masing memiliki kabel-kabel yang berbeda dan bentuk soket yang sesuai dengan tipe motor. Kerusakan pada soket CDI dapat terjadi karena kabel yang aus atau putus, atau terkena air atau cairan lain, sehingga kelistrikan pada motor tidak stabil, atau bahkan mesin tidak dapat dihidupkan. Oleh karena itu, periksa kelistrikan motor secara rutin dan segera perbaiki jika terjadi kerusakan pada soket CDI.

5 Gambar mengenai jalur soket cdi cs1

Berikut dibawah ini 5 gambar terkait dengan Soket CDI Motor : Semua Motor Terlengkap – Otosigna Otosigna atau KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012, pin soket cdi serta Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna.

Soket CDI Motor : Semua Motor Terlengkap – Otosigna Otosigna

Soket CDI Motor : Semua Motor Terlengkap - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

cdi soket semua otosigna terlengkap

KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012

KONSUL BENGKEL SEPEDA MOTOR: Februari 2012

source: momonharyono.blogspot.com

cdi soket sepeda

Pin Soket Cdi

pin soket cdi

source: dedot-motor.blogspot.com

cdi soket scema

Soket Jalur Kabel CDI Honda BeAT Karbu Dan Cara Menghilangkan Limiternya

Soket Jalur Kabel CDI Honda BeAT Karbu dan Cara Menghilangkan Limiternya

source: www.sejeworks.id

cdi karbu jalur soket

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

cdi mio soket otosigna ulasannya

Soket cdi motor : semua motor terlengkap. Soket cdi mio (old, new, j) : 15 kabel dan ulasannya. Soket jalur kabel cdi honda beat karbu dan cara menghilangkan limiternya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *