jalur kiprok vixion old

Posted on

Buat kalian para penggemar otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan motor Yamaha Vixion. Motor keluaran Yamaha ini memiliki desain yang sporty dan juga tangguh. Namun, jika kalian ingin memodifikasi Yamaha Vixion lama kalian, salah satu yang perlu dilakukan adalah memodifikasi kiprok. Berikut adalah penjelasan singkat tentang modifikasi kiprok pada Yamaha Vixion lama.

Modifikasi Kiprok Old Vixion

Modifikasi Kiprok Old Vixion

Modifikasi kiprok pada Yamaha Vixion lama bertujuan agar motor lebih bertenaga saat digunakan. Kiprok merupakan bagian dari sistem pengisian listrik pada motor. Pada Yamaha Vixion lama, kiprok bawaan dari pabrik masih menggunakan teknologi yang kurang canggih, sehingga daya yang dihasilkan kurang optimal. Untuk memperbaiki hal tersebut, maka diperlukan modifikasi kiprok.

Penjelasan Singkat

Dengan memodifikasi kiprok pada Yamaha Vixion lama, daya yang dihasilkan menjadi lebih optimal. Hal ini disebabkan karena modifikasi kiprok ini dilakukan menggunakan teknologi yang lebih canggih dan mutakhir dibandingkan kiprok bawaan dari pabrik. Dengan daya yang lebih optimal, maka saat motor digunakan, performa Yamaha Vixion lama akan semakin mantap dan stabil.

Spesifikasi Kiprop Old Vixion

Kiprok yang umumnya digunakan pada Yamaha Vixion lama memiliki beberapa spesifikasi, diantaranya:

  • Input voltage: AC 80-260V
  • Mode pengisian: Scoop control
  • Output current: 12V, 2A
  • Mode pengisian: Constant voltage charge
  • Short circuit protection: Yes

Fungsi Kiprok Old Vixion

Kiprok pada Yamaha Vixion lama berfungsi sebagai regulator atau pengontrol arus yang keluar dari alternator. Kegunaan utama kiprok adalah agar tegangan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dan stabil di kisaran 13,5 sampai 14,6 volt. Dengan kiprok yang responsif, maka aliran listrik pada motor menjadi lebih stabil, dan diharapkan dapat meminimalkan resiko konsleting pada motor.

Jenis Kiprok Old Vixion

Berdasarkan teknologi yang digunakan, kiprok pada Yamaha Vixion lama terdiri dari dua jenis, yaitu kiprok analog dan kiprok digital. Kiprok analog merupakan kiprok yang masih menggunakan teknologi yang kurang canggih dan umumnya masih digunakan pada motor-motor lawas. Sedangkan kiprok digital merupakan kiprok yang menggunakan teknologi mutakhir dan umumnya digunakan pada motor terbaru.

Model Kiprok Old Vixion

Kiprok pada Yamaha Vixion lama memiliki beberapa model, diantaranya:

  • Kiprok DC (Direct Current)
  • Kiprok AC (Alternating Current)
  • Kiprok AC-DC (Alternating Current-Direct Current)

Model kiprok yang umumnya digunakan pada Yamaha Vixion lama adalah kiprok AC.

Kerusakan Yang Biasa Terjadi pada Kiprok Old Vixion

Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada kiprok Yamaha Vixion lama:

  • Kiprok rusak sehingga tidak bisa menghasilkan tegangan listrik yang stabil.
  • Kiprok terbakar atau meleleh karena overheat.
  • Output kiprok terputus sehingga daya yang dihasilkan menjadi tidak stabil.
  • Kiprok konslet dan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan motor.

Cara Memperbaiki Kiprok Old Vixion yang Rusak

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki kiprok Yamaha Vixion lama yang rusak:

  • Mengganti komponen kiprok yang rusak dengan komponen yang baru.
  • Mengganti kabel atau soket yang rusak pada kiprok.
  • Memperbaiki kiprok yang meleleh karena overheat.

Namun sebelum melakukan perbaikan kiprok, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi atau mekanik yang berpengalaman agar hasilnya lebih maksimal.

Kesimpulan

Modifikasi kiprok pada Yamaha Vixion lama memang perlu dilakukan agar performa motor semakin optimal. Dengan kiprok yang baru, daya yang dihasilkan akan semakin stabil dan bertenaga. Namun sebelum melakukan modifikasi kiprok, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi atau mekanik yang berpengalaman

3 Gambar terkait jalur kiprok vixion old

Berikut ini 3 gambar terkait dengan Soket Kiprok Vixion New, old dan R15 – IhaiSP atau Soket Kiprok Vixion New, old dan R15 – IhaiSP, Modifikasi Kiprok Old Vixion – Sumpah h serta Jangan Asal Rubah Jalur Kiprok Sepeda Motor.

Soket Kiprok Vixion New, Old Dan R15 – IhaiSP

Soket Kiprok Vixion New, old dan R15 - IhaiSP

source: www.ihaisp.com

kiprok vixion soket r15 jalur keterangan

Modifikasi Kiprok Old Vixion – Sumpah H

Modifikasi Kiprok Old Vixion - Sumpah h

source: sumpahh.blogspot.com

kiprok vixion

Jangan Asal Rubah Jalur Kiprok Sepeda Motor

Jangan Asal Rubah Jalur Kiprok Sepeda Motor

source: www.sejeworks.id

kiprok jalur rubah sepeda astrea sejeworks rangkaian skema warna gaya

Modifikasi kiprok old vixion. Jangan asal rubah jalur kiprok sepeda motor. Kiprok vixion soket r15 jalur keterangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *