jalur kabel mio sporty

Posted on

Selamat pagi sahabat Beinyu! Hari ini kita akan membahas tentang kabel kiprok untuk Mio M3 125. Sebelum kita masuk ke detailnya, mari kita lihat terlebih dahulu gambar sddefault kabel kiprok Mio M3 125.

Warna Kabel Kiprok Mio M3 125

Warna Kabel Kiprok Mio M3 125

Warna kabel kiprok untuk Mio M3 125 adalah sesuatu yang cukup penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kabelnya terbalik, ya.

Penjelasan Singkat

Kabel kiprok adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengisian aki pada sepeda motor. Fungsi utamanya adalah untuk mengontrol tegangan keluaran dari generator/alternator agar tidak terlalu besar atau kecil sehingga bisa merusak aki. Kabel kiprok sendiri terdiri dari 3 kabel, yaitu kabel hitam (menerima arus dari generator), kabel putih (mengirimkan pengaturan ke kiprok) dan kabel merah (mengirimkan keluaran kiprok ke aki).

Spesifikasi

Kabel kiprok untuk Mio M3 125 memiliki panjang sekitar 25 cm. Kabel ini juga harus memiliki rating tegangan dan arus tertentu agar cocok dengan sistem pengisian aki pada motor.

Fungsi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi kabel kiprok adalah mengontrol tegangan keluaran dari generator/alternator agar tidak terlalu besar atau kecil sehingga bisa merusak aki. Tanpa kabel kiprok yang berfungsi dengan baik, aki bisa mengalami kerusakan atau bahkan meledak.

Jenis

Jenis kabel kiprok yang digunakan pada Mio M3 125 adalah kabel kiprok dengan tiga kabel.

Model

Jika anda mencari model kabel kiprok untuk Mio M3 125, pastikan untuk membeli yang sesuai dengan spesifikasi dan rating tegangan dan arus yang diperlukan. Sebaiknya membeli produk asli atau bermutu yang terjamin kualitasnya.

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Kerusakan pada kabel kiprok bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

  • Kabel putih lepas/putus.
  • Kabel hitam/merah konslet.
  • Kabel putih konslet.
  • Kabel kiprok rusak/terbakar.

Jika mengalami kerusakan seperti di atas, sebaiknya segera diperbaiki untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada aki atau sistem pengisian lainnya.

Cara Memperbaiki

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kabel kiprok yang rusak, yaitu:

  1. Melakukan perbaikan pada kabel yang lepas/putus dengan cara menyambungkan kembali.
  2. Jika kabel putih konslet, sebaiknya diganti dengan yang baru agar tidak mengganggu sistem pengisian ke depannya.
  3. Jika kabel hitam/merah konslet, pastikan untuk memeriksa ulang sistem pengisian agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.
  4. Jika kabel kiprok rusak atau terbakar, sebaiknya langsung diganti dengan yang baru agar sistem pengisian kembali normal.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kabel kiprok adalah komponen yang sangat penting dalam sistem pengisian aki pada sepeda motor. Fungsi dan jenis kabel kiprok harus dipahami dengan baik agar bisa melakukan perawatan dan perbaikan dengan benar jika terjadi kerusakan. Jangan pernah mengabaikan kerusakan pada kabel kiprok, sebab hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada aki atau sistem pengisian yang lebih parah.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang kabel kiprok untuk Mio M3 125 ya sahabat Beinyu. Semoga bermanfaat dan selamat berkendara!

5 Image mengenai jalur kabel mio sporty

Dibawah ini 5 photo terkait dengan Warna Kabel Kiprok Mio M3 125 – Beinyu.com atau JALUR KABEL BODY YAMAHA MIO SPORTY(Full Proses) – YouTube, Mio smile pake CDI mio sporty ( ubah jalur kabel) – YouTube serta JALUR KABEL BODY YAMAHA MIO SPORTY(Full Proses) – YouTube.

Warna Kabel Kiprok Mio M3 125 – Beinyu.com

Warna Kabel Kiprok Mio M3 125 – Beinyu.com

source: www.beinyu.com

JALUR KABEL BODY YAMAHA MIO SPORTY(Full Proses) – YouTube

JALUR KABEL BODY YAMAHA MIO SPORTY(Full Proses) - YouTube

source: www.youtube.com

Jalur Kabel Pengapian Mio Sporty || Spul Kiprok Cdi @Asm Channel – YouTube

Jalur Kabel Pengapian Mio Sporty || Spul Kiprok Cdi @Asm Channel - YouTube

source: www.youtube.com

Mio Smile Pake CDI Mio Sporty ( Ubah Jalur Kabel) – YouTube

Mio smile pake CDI mio sporty ( ubah jalur kabel) - YouTube

source: www.youtube.com

cdi jalur

Skema Kelistrikan Mio Sporty Terlengkap – Gambar Skema

Skema Kelistrikan Mio Sporty Terlengkap - Gambar Skema

source: www.skema.my.id

Skema kelistrikan mio sporty terlengkap. Jalur kabel pengapian mio sporty || spul kiprok cdi @asm channel. Mio smile pake cdi mio sporty ( ubah jalur kabel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *