jalur cdi 28d

Posted on

Tuker CDI MIO: Hati-hati Beda Kabel

CDI MIO

Penjelasan Singkat

CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan salah satu komponen penting pada sistem pengapian motor. CDI berfungsi untuk mengatur arus listrik ke busi, yang berfungsi untuk memicu bunga api pada ruang bakar motor. Jenis CDI yang paling sering digunakan pada sepeda motor adalah CDI MIO.

Spesifikasi

CDI MIO memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Tegangan Kerja: 10V – 14V
  • Arus Kerja: 2A
  • Waktu Pengapian: 5o BTDC
  • Diameter Kabel: 5mm
  • Warna Kabel: Hitam, Merah, Kuning, dan Biru
  • Harga: Rp. 50.000 – Rp. 150.000

Fungsi

Fungsi CDI MIO adalah mengatur arus listrik dari sistem pengapian menuju busi. CDI ini akan bekerja dengan baik ketika arus masuk ke dalam CDI sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sistem pengapian motor.

Jenis

Ada beberapa jenis CDI MIO yang tersedia di pasaran, seperti:

  • CDI Racing: Merupakan jenis CDI yang dirancang untuk meningkatkan performa motor. CDI Racing memiliki pengaturan arus yang lebih presisi, sehingga dapat menambah daya tarik dan kecepatan motor.
  • CDI Standard: Jenis CDI ini adalah standar OEM yang tersedia pada motor MIO dari pabrik.
  • CDI Brt: Merupakan jenis CDI yang dirancang untuk meningkatkan performa motor. CDI Brt berbeda dengan CDI Racing karena memiliki pengaturan arus yang lebih stabil serta dapat digunakan pada RPM yang lebih tinggi.

Model

Ada beberapa model CDI MIO yang tersedia di pasaran, di antaranya:

  • CDI MIO Type 3ET: Merupakan model CDI MIO yang cocok untuk motor MIO lama dan baru.
  • CDI MIO J: Di desain khusus untuk motor MIO tahun 2005.
  • CDI MIO J 2010: Di desain khusus untuk motor MIO tahun 2010.
  • CDI MIO Smile: Merupakan model CDI MIO yang terkenal dengan tanggapan pengapian yang cepat dan harga yang terjangkau.

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada CDI MIO, di antaranya:

  • CDI Panas: Jika CDI MIO sering dipakai terlalu lama, maka suhu di dalam CDI dapat meningkat dan mengakibatkan kerusakan pada CDI.
  • Kabel CDI Putus: Kabel CDI yang putus juga bisa menjadi penyebab motor tidak bisa dihidupkan.
  • CDI Rusak: CDI rusak bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, seperti listrik yang tidak stabil, arus yang terlalu besar, atau terjadinya konsleting.

Cara Memperbaiki

Jika CDI MIO mengalami kerusakan, ada beberapa cara untuk memperbaikinya, di antaranya:

  • Memperbaiki Kabel CDI: Jika kabel CDI putus, maka cara memperbaikinya adalah dengan mengganti kabel yang rusak, atau dengan menempelkan kabel yang putus.
  • Mengganti CDI: Jika CDI MIO rusak, maka cara memperbaikinya adalah dengan mengganti CDI yang rusak dengan CDI yang baru.
  • Membuka dan Membersihkan: Jika kerusakan CDI disebabkan oleh konsleting atau suhu yang terlalu panas, maka cara memperbaikinya adalah dengan membuka CDI dan membersihkan bagian yang terlampau panas.

Namun, sebaiknya memeriksa kerusakan CDI MIO pada bengkel resmi, agar tidak terjadi pemasangan kabel yang salah, sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lain dari sistem pengapian motor.

Kesimpulan

CDI MIO merupakan salah satu komponen penting pada sistem pengapian motor. CDI ini berfungsi untuk mengatur arus listrik ke busi, yang berfungsi untuk memicu bunga api pada ruang bakar motor. Ada beberapa jenis dan model CDI MIO yang tersedia di pasaran, dan ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada CDI MIO. Jika CDI MIO mengalami kerusakan, ada beberapa cara untuk memperbaikinya, namun sebaiknya memeriksanya pada bengkel resmi untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan kabel atau kerusakan pada bagian lain dari sistem pengapian motor.

3 Gambar terkait jalur cdi 28d

Berikut ini 3 image terkait dengan Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel atau Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna, Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel serta Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna.

Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO Hati-hati Beda Kabel

Seputar Sepeda Motor: Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel

source: freecharz.blogspot.com

cdi soket zr jalur tukar saling nama skema colok ganti pastikan posisi kasus walau sebabnya terbakar tebal akibatnya keluar sudah

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya – Otosigna Otosigna

Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya - Otosigna Otosigna

source: www.otosigna.com

cdi soket kabel otosigna ulasannya

Perbedaan CDI Mio 28D Dan 5tl, Pada Mio Lama Dan Baru – Idokeren.com

Perbedaan CDI Mio 28D dan 5tl, Pada Mio lama Dan Baru - idokeren.com

source: www.idokeren.com

Soket cdi mio (old, new, j) : 15 kabel dan ulasannya. Seputar sepeda motor: tuker cdi mio hati-hati beda kabel. Perbedaan cdi mio 28d dan 5tl, pada mio lama dan baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *