Gambar soket cdi revo absolute

Posted on

Gambar Skema CDI Absolute Revo

Penjelasan Singkat

CDI merupakan salah satu komponen dalam sistem pengapian pada mesin kendaraan. Fungsi utama dari CDI yaitu untuk mengatur waktu dari pengapian sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat terbakar secara sempurna. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang skema CDI Absolute Revo beserta penjelasan singkat mengenai spesifikasi, fungsi, jenis, model, kerusakan yang biasa terjadi, cara memperbaiki, dan juga kesimpulan mengenai CDI Absolute Revo.

Spesifikasi

CDI Absolute Revo memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Tipe: AC-CDI
  • Tegangan Input: DC 12V
  • Output Tegangan: AC Approx 200V
  • Tahanan Resistor: 0.6 Ohm
  • Dimensi: 70mm x 38mm x 32mm

Fungsi

Fungsi utama dari CDI Absolute Revo yaitu untuk mengatur waktu dari pengapian. Saat bahan bakar dan udara tercampur di dalam ruang bakar mesin, kemudian dibakar oleh percikan api dari busi, maka akan terjadi ledakan yang akan mendorong piston dan menggerakkan mesin. Agar proses pembakaran dapat terjadi secara sempurna, maka CDI berfungsi untuk mengatur waktu pengapian sehingga bahan bakar dan udara dapat terbakar secara maksimal dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Jenis

Jenis CDI terbagi menjadi dua yaitu AC-CDI dan DC-CDI. CDI Absolute Revo merupakan jenis AC-CDI, yang dapat menghasilkan output tegangan AC sekitar 200V yang akan digunakan untuk memicu busi. Sedangkan DC-CDI menghasilkan output tegangan DC yang digunakan untuk sistem pengisian baterai.

Model

Model CDI Absolute Revo mengacu pada seri Absolute Revo dan diproduksi oleh PT Astra Honda Motor. CDI Absolute Revo dapat digunakan pada beberapa tipe motor Honda seperti Absolute Revo, Mega Pro, Supra X, dan Grand.

Kerusakan yang Biasa Terjadi

Berikut adalah beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada CDI Absolute Revo:

  • CDI tidak berfungsi atau rusak akibat adanya konsleting di dalamnya
  • Output tegangan tidak stabil akibat adanya kerusakan pada kapasitor atau resistor
  • Busi tidak mengeluarkan percikan akibat adanya kerusakan pada pengapian CDI
  • Tidak ada output tegangan akibat adanya kerusakan pada magnit

Cara Memperbaiki

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki CDI Absolute Revo:

  • Jika CDI tidak berfungsi atau rusak akibat adanya konsleting di dalamnya, maka CDI harus diganti dengan yang baru
  • Jika output tegangan tidak stabil akibat adanya kerusakan pada kapasitor atau resistor, maka kapasitor atau resistor harus diganti dengan yang baru
  • Jika busi tidak mengeluarkan percikan akibat adanya kerusakan pada pengapian CDI, maka CDI harus diganti dengan yang baru
  • Jika tidak ada output tegangan akibat adanya kerusakan pada magnit, maka magnit harus diganti dengan yang baru

Untuk memperbaiki CDI Absolute Revo sebaiknya dilakukan oleh ahli atau bengkel yang terpercaya.

Kesimpulan

CDI merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengapian pada mesin kendaraan. Fungsi utama dari CDI yaitu untuk mengatur waktu pengapian sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat terbakar secara sempurna. CDI Absolute Revo merupakan tipe AC-CDI yang memiliki spesifikasi tegangan input DC 12V dan output tegangan AC sekitar 200V. CDI Absolute Revo dapat digunakan pada beberapa tipe motor Honda seperti Absolute Revo, Mega Pro, Supra X, dan Grand. Kerusakan yang biasa terjadi pada CDI Absolute Revo antara lain CDI tidak berfungsi atau rusak akibat adanya konsleting di dalamnya, output tegangan tidak stabil akibat adanya kerusakan pada kapasitor atau resistor, busi tidak mengeluarkan percikan akibat adanya kerusakan pada pengapian CDI, dan tidak ada output tegangan akibat adanya kerusakan pada magnit. Untuk memperbaiki CDI Absolute Revo sebaiknya dilakukan oleh ahli atau bengkel yang terpercaya.

Gambar Skema CDI Absolute Revo

Gambar Skema CDI Absolute Revo

3 Gambar terkait Gambar soket cdi revo absolute

Dibawah ini 3 photo terkait dengan Gambar Skema Cdi Absolute Revo – Skema Diagram atau Skema Cdi Poswan Terbaru & Terlengkap | Gambar Skema, Gambar Skema Cdi Absolute Revo – Skema Diagram serta Gambar Skema Cdi Absolute Revo – Skema Diagram.

Gambar Skema Cdi Absolute Revo – Skema Diagram

Gambar Skema Cdi Absolute Revo - Skema Diagram

source: www.skemadiagram.my.id

Satu Hati Motor: Petunjuk Skema Socket Cdi

Satu Hati Motor: petunjuk skema socket cdi

source: satuhati-motor.blogspot.com

cdi skema socket soket

Skema Cdi Poswan Terbaru & Terlengkap | Gambar Skema

Skema Cdi Poswan Terbaru & Terlengkap | Gambar Skema

source: www.skema.my.id

Gambar skema cdi absolute revo. Cdi skema socket soket. Satu hati motor: petunjuk skema socket cdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *